PPM JTA Polnep: Peta dan Panduan Perjalanan Wisata Paloh

Sebanyak sepuluh dosen dan tiga mahasiswa dari Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak (JTA Polnep) mengunjungi Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Sambas, Kamis 14 November 2019.

Kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2019 lalu.

Kunjungan yang diketuai Fery Kurniadi tersebut disambut hangat Kepala Disparpora Sambas, Drs H Agus Supardan dan jajarannya.

Tim PPM JTA Polnep pada kesempatan tersebut menyerahkan buku yang berjudul Paloh, Sepenggal Surga di Ujung Barat Kalimantan.

Buku yang dikemas secara menarik ini dapat dijadikan sebagai panduan perjalanan wisata di Kecamatan Paloh.

Buku tersebut berisikan lokasi-lokasi destinasi wisata yang berada di sepanjang pesisir Paloh serta lokasi-lokasi transit yang dapat disinggahi dalam perjalanan.

Pada setiap lokasi, dilengkapi deskripsi singkat, posisi koordinat, waktu dan jarak tempuh serta aneka tips perjalan untuk memandu para wisatawan dalam menikmati keindahan pesisir Paloh.

Keindahan wisata di pesisir Paloh dapat ditemukan hampir disepanjang perjalanan. Seperti Pantai Desa Tanah Hitam, Taman Wisata Mangrove, Kawasan Konservasi Penyu, Pantai Camar Bulan Temajuk, Pantai Teluk Atung Temajuk dan lainnya.

Tim PPM JTA Polnep yang diketuai Fery Kurniadi tersebut beranggotakan 9 orang dosen yang terdiri dari M Subhansyah Ikram, Taufik Wibowo, Estar Putra Akbar, Yudithya Ratih, Caesar Destria,Dian Perwita Sari, Dewi Ria Indriana, Yudhiarma dan Jockie Zuhdy F.

Sebanyak tiga mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Diantaranya Dellayasti Nugratami, Fajar J Silitonga dan Yoka Saputra.
Melalui pelaksanaan program tersebut, tim PPM JTA Polnep berharap dapat mempromosikan wisata pesisir Kecamatan Paloh kepada calon wisatawan sehingga keindahan pesisir Paloh dapat menjadi alternatif destinasi yang harus dikunjungi di Kabupaten Sambas dan Kalimantan Barat secara umum.(mrd)

error: Content is protected !!