Program Aplikasi Merpati Layani Sepenuh Hati

PELAYANAN: Akses pelayanan Polres Singkawang, salah satunya di Satpas Satlantas Polres Singkawang.HARI KURNIATHAMA/PONTIANAKPOST

IKM Polres Singkawang 91,66 dengan Mutu Sangat Baik

Aplikasi Merpati ini adalah melayani masyarakat sepenuh hati. Jadi masyarakat yang datang ke Mapolres Singkawang harus kita layani sepenuh hati. Dengan pelayanan yang sepenuh hati maka mutu pelayanan yang kita berikan ikut meningkat yakni 91,66.

Hari Kurniathama, SINGKAWANG

KEPALA Bagian Rencana Polres Singkawang, Kompol Purwanto mengatakan, indeks kepuasan masyarakat (IKM) di bulan Juli 2019 adalah 91,66 dengan predikat mutu sangat baik.
“Dengan jumlah responden sebanyak 239 orang terdiri dari 159 orang laki-laki dan 80 orang perempuan,” kata Purwanto, Rabu (14/8).

Sementara tingkat pendidikan yang memberikan penilaian juga bervariasi, seperti SD lima orang, SMP 11 orang, SMA 176 orang, Diploma 17 orang, Sarjana Satu 29 orang dan Sarjana dua 1 orang.
Sedangkan untuk Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan, khususnya di Satpas Polres Singkawang untuk periode 1 Juli hingga 31 Juli 2019 mencapai nilai 97,00 dengan kategori sangat baik. Jumlah responden sebanyak 69 orang, terdiri dari laki-laki sebanyak 47 orang, perempuan sebanyak 22 orang.

“Terdiri SMP sebanyak dua orang, SMA sebanyak 48 orang, Diploma sebanyak 12 orang, Sarjana satu sebanyak sebanyak 7 orang,” tuturnya.

Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga langsung merespon langsung pertanyaan masyarakat kepada pihak Polres Singkawang.
Kemudian, terkait dengan mutu sangat baik, lanjutnya, hal itu dikarenakan Bapak Kapolres Singkawang punya program aplikasi Merpati.

“Aplikasi Merpati ini adalah melayani masyarakat sepenuh hati. Jadi masyarakat yang datang ke Mapolres Singkawang harus kita layani sepenuh hati. Dengan pelayanan yang sepenuh hati maka mutu pelayanan yang kita berikan ikut meningkat yakni 91,66,” ujarnya. Sehingga standar pelayanan diterapkan melalui 5S, 1R dan 1H, yakni senyum, sapa, salam, sopan, santun, ramah dan humanis.

“Dengan hadirnya tim merpati tidak pernah menyakiti, namun hadirnya selalu ditunggu masyarakat. Demikian pula dengan kepolisian Polres Singkawang,” ungkapnya.
Disisi lain, dia pun meminta saran dan kritikan dari masyarakat bilamana masih menemukan pelayanan yang masih dirasa kurang demi perbaikan di bulan Agustus dan selanjutnya.

“Terlebih Polres Singkawang sudah berkomitmen untuk bisa meraih WBBM yakni wilayah birokrasi bersih dan melayani setelah berhasil meraih WBK dari Kementerian RI,” jelasnya. (*)

Read Previous

Pembakar Lahan Diangkut Polisi

Read Next

PPHD Minta Keluarga di Singkawang Tenang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *