Program KOTAKU, Ciptakan Kebersamaan dan Kepedulian Sosial

Program Kota Tampa Kumuh (Kotaku) merupakan salah satu program padat karya tunai (PKT) yang dilaksanakan melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR bersinergi dengan pemerintah daerah (pemda) dan kelompok masyarakat untuk melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan.

Kabupaten Sintang melalui Program Kotaku terdapat tiga desa sebagai penerima BPM 2020. Adapun tiga desa tersebut ; Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu dan Kelurahan Kapuas Kanan Hilir dengan luasan total wilayah kumuh di Kabupaten Sintang sebesar 36.3 Ha.

Untuk mengatasi kawasan kumuh tersebut, tentu saja tidak bisa dilakukan perorangan, namun harus ada gerakan bersama secara masif dalam menciptakan kearifan sosial agar terjadi perubahan yang mendasar dan fundamental dari warga masyarakat dampingan untuk selalu melakukan edukasi secara terus menerus dengan langsung memberikan contoh mengenai prilaku hidup bersih dan sehat melalui sarana media yang sederhana dan efektif dipahami oleh warga masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, melakukan sosialisasi pada tiga kelurahan tersebut tidak semudah yang dibayangkan.

Kebiasaan warga yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan, rendahnya pemahaman PHBS, buang sampah disembarang tempat, sarana jalan yang semakin rusak ketika musin hujan, ternak yang dilepas secara liar merupakan gambaran yang ditemui oleh Tim Kotaku ketika melakukan kegiatannya.

Namun berkat kesabaran dan bantuan serta dukungan penuh dari pihak kelurahan, LKM, dan Lembaga lokal lainnya dengan melakukan pendekatan secara personal maupun kelompok, pada akhirnya masyarakat bisa menerima dan memahami tentang bagaimana pentingnya keterlibatan masyarakat pada setiap tahapan pelaksanaan kegiatan Kotaku agar berjalan baik dan memberikan manfaat besar terhadap masyarakat secara berkesinambungan untuk menciptakan kawasan yang bersih, sehat dan asri bagi kehidupan.

Hal ini seperti terlihat pada kegiatan gotong royong yang dilakukan warga di RT. 17 dan RT. 20 Gang Damai Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang. Warga secara gotong royong melakukan pengecoran jalan lingkungan diluar tenaga profesional pekerja padat karya. Bahkan tidak hanya tenaga yang mereka berikan, namun terlihat adanya kebersamaan sesama warga seperti penyediaan berbagai konsumsi yang disiapkan oleh kaum perempuan warga setempat dengan harapan mereka yang bekerja dapat menikmatinya.

Melalui sentuhan-sentuhan persuasif dan penuh kesabaran inilah diyakini oleh tim Kotaku dapat merubah prilaku masyarakat dari yang kurang menjaga lingkunganya dapat berubah.

Tim Kotaku  menyadari bahwa sesungguhnya kodrat manusia adalah baik maka sentulah mereka dengan cara-cara baik agar sifat-sifat naluri kebaikannya terimplementasikan dalam kehidupan sosial.

Apa yang dilakukan warga masyarakat di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu adalah suatu contoh pembelajaran bahwa kita harus selalu menebarkan aroma kebaikan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Budaya kebersamaan dan saling tolong menolong itulah yang yang harus kita apresiasi dalam rangka pelaksanaan padat karya yang tidak lain adalah menata lingkungan permukiman yang sehat.

Kepedulian warga secara bersama-sama untuk berkelanjutan menjaga dan merawat yang telah dibangun merupakan sesuatu yang utama dan menjadi suatu kewajiban agar apa yang telah diupayakan oleh pemerintah melalui Program Kotaku tidaklah sia-sia dan percuma. Semoga semangat kegotong royongan warga Kelurahan Kapuas Kanan Hulu menjadi contoh bagi kita semua untuk diaplikasikan pada daerah lain. (TIM KOTAKU OC-7 Kalbar 2020)

error: Content is protected !!