Program Listrik Gratis dari PLN, Wujudkan Mimpi Warga Kurang Mampu untuk Miliki Listrik Dirumah Sendiri

KETAPANG – Senyum Hatinah (46) merekah, saat petugas PLN menyalakan listrik di rumahnya yang sederhana di Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang.

“Alhamdulillah, terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada PLN. Rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan, kini kami bisa menikmati listrik di rumah sendiri tanpa harus tergantung dari rumah tetangga sebelah,” ungkap Hatinah penuh haru.

Hatinah adalah salah satu penerima manfaat program bantuan penyambungan listrik gratis dari PLN.
Diakui Hatinah, bahwa selama ini dirinya menumpang listrik dari tetangga sebelah rumahnya.

“Semua jadi serba terbatas, kami tak bisa menggunakan listrik dengan bebas karena daya listriknya juga terbatas, sementara untuk menyambung listrik sendiri, kami tak memiliki cukup uang. Bisa makan saja kami sudah merasa sangat bersyukur,” kata Hasinah sambil sesekali menyeka air matanya.

Senada, Widia (14) salah satu anak yang orang tuanya menerima bantuan penyambungan listrik gratis mengaku senang dan terbantu dengan adanya listrik di rumah mereka.

“Terima kasih PLN telah memasang kwh di rumah kami, sehingga saya bisa belajar dengan nyaman di malam hari,” ungkap Widia.

Program penyambungan listrik gratis yang bertajuk “Light Up The Dream, Listrik Untuk Nyalakan Mimpi” ini merupakan inisiasi PLN dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN. Sebagai realisasi program ini, PLN UP3 Ketapang sendiri telah merealisasikan penyambungan gratis bagi 22 warga miskin di beberapa desa di Kota Ketapang.

“Penyambungan listrik gratis ini merupakan bentuk kepedulian keluarga besar PLN kepada masyarakat miskin yang belum teraliri listrik. Dan ini merupakan komitmen PLN dalam menerangi negeri,” ujar Manager UP3 Ketapang, Sanggam Robaga Parsaoran.

Sanggam juga mengatakan ada banyak program penyambungan listrik gratis serupa di PLN dengan sumber bantuan yang beragam, oleh karena itu pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Ketapang untuk menyiapkan database warga miskin yang belum teraliri listrik, khususnya di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

“Dengan adanya data-data warga miskin yang belum teraliri listrik ini, kami berharap ketika ada program penyambungan listrik gratis lagi, kita bisa langsung eksekusi. Dengan demikian masyarakat bisa langsung menikmati manfaatnya,” kata Sanggam.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Ketapang, Akia, SE. M.AP mengapresiasi program penyambungan listrik gratis PLN.

“Saya mewakili masyarakat penerima manfaat, mengucapkan terima kasih kepada PLN yang peduli kepada orang-orang tidak mampu di Kabupaten Ketapang, berupaya mewujudkan mimpi mereka untuk dapat menikmati listrik di rumah sendiri,” ujar Akia.**

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!