Program TMMD Kodim Sambas Selesai, Bermanfaat Bagi Desa di Perbatasan

TMMD DITUTUP: Bupati, Ketua DPRD, Sekda, hadiri penutupan TMMD Imbangan di Desa Temajuk. ISTIMEWA

SAMBAS – Program yang dilaksanakan selama pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke 112 Kodim 1208 Sambas, memberi makna yang penting bagi Temajuk yang merupakan desa di Kecamatan Paloh yang berada di perbatasan antar negara.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar setelah ikut menghadiri kegiatan penutupan TMMD Imbangan ke 112 Kodim Sambas. Program tersebut, memiliki dampak signifikan bagi wajah perbatasan negeri di Desa Temajuk. “Sasaran dari TMMD Imbangan 2021, berhasil turut merubah lingkungan Desa Temajuk yang dikenal juga sebagai Desa Wisata Kabupaten Sambas. Hasil pembangunan selama kegiatan itu dilaksanakan akan bermanfaat bagi penataan Desa Temajuk kedepannya, dan juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa setempat,” kata Ketua DPRD.

Begitu juga dengan masyarakat, sebut politisi Gerindra ini, masyarakat setempat terlibat langsung selama program berlangsung. “Masyarakat Kecamatan Paloh khususnya Desa Temajuk sebagai wilayah sasaran, juga memberikan dukungan luar biasa, hal ini terlihat dari keterlibatan selama kegiatan berlangsung,” katanya.

Secara kelembagaan di DPRD, Abu Bakar mengapresiasi TMMD Imbangan, seluruh komponen TNI terutama dari jajaran Kodim 1208 Sambas telah bekerja keras menyukseskan TMMD Imbangan itu. “Sebagai wakil rakyat, saya sampaikan apresiasi kepada jajaran TNI AD di Kodim 1208 Sambas yang telah bekerja dengan baik untuk menyelesaikan sasaran pembangunan TMMD, jajaran Kodam Tanjungpura dan stakeholder Pemerintah Kabupaten Sambas yakni Pak Bupati Sambas,” katanya.

Bupati Sambas, H Satono mengharapkan kepada masyarakat, untuk menjaga dan merawat pembangunan yang sudah dilaksanakan selama TMMD berlangsung. Sebab, tidaklah mudah membangun infrastruktur di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. “Kepada masyarakat Desa Temajuk khususnya, harus bersinergi dalam menjaga dan merawatnya. TNI sudah membangun ini, sekarang dititipkan kepada masyarakat Temajuk,” kata Bupati Sambas saat menutup secara resmi TMMD Imbangan ke-122 2021 Kodim 1208 Sambas di Desa Temajuk.

Sejumlah pembangunan sarana fisik, mulai dari jalan, pos penjagaan batas negara, jembatan, sampai toilet masjid selesai dikerjakan. Diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat, terutama didaerah perbatasan. “Orang sambas bilang, Betuah Temajuk, dari 193 desa, Temajuk dipilih dalam program TMMD Imbangan, masih ada 192 desa yang menantikan TMMD masuk ke desa mereka,” katanya.

Selaku Bupati Sambas, menyampaikan apresiasi kepada Kodim 1208 Sambas beserta jajarannya, atas sinergitas yang dibangun oleh TNI dan masyarakat Temajuk yang sangat luar biasa. Terlebih, Temajuk adalah surga di ekor Borneo, dengan potensi yang luar biasa, pemandangan yang sangat indah, bukit-bukit dan laut yang mempesona. Ditambah dengan pembangunan yang dilakukan TNI, maka Temajuk semakin Berkemajuan.(fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!