Promosikan Objek Pariwisata Bersama Budaya

FESTIVAL BUDAYA: Bupati Kayong Utara Citra Duani ketika diwawancarai usai membuka secara resmi Festival Budaya di kawasan Pantai Pulau Datok, Sukadana, Rabu (14/8). DANANG PRSETYO/PONTIANAK POST

Bupati Buka Festival Budaya Kayong Utara

SUKADANA – Festival Budaya di Kayong Utara diharapkan mampu menggali potensi minat dan bakat potensi budaya. Apa lagi di Kayong Utara dulunya merupakan peradaban budaya di Kalimantan Barat.

Selain itu, perhelatan Festival Budaya ini diharapakan mampu menggali potensi wisata di Negeri Bertuah (Kayong Utara). Hal tersebut dikatakan Bupati Kayong Utara Citra Duani ketika diwawancarai usai membuka secara resmi Festival Budaya di kawasan Pantai Pulau Datok, Sukadana, Rabu (14/8).

“Kita ingin mempromsikan objek pariwisata dibarengi dengan promosi budaya, baik itu tarian tradisional, syair gulung, lagu-lagu daerah, termasuk permainan rakyat yang sudah lama dirundukan dan hampir punah. Maka dari itu, melalui kegiatan ini mari kita bangkitkan lagi, sehingga putra-putri kita dapat memaikan permainan tradisional,”sambungnya.

Ia berharap kegiatan ini setiap tahun semakin meningkat. Ke depannya kegiatan apa lagi ke depan yang akan diselanggarakan. Bahkan jika memugkinkan, festival ini diharapkan dia dapat mengundang negara serumpun. Sebut dia, seperti Brunei Darusalam, Malaysia, dan Singapura. “Bila perlu ke depan kita undang negara serumpun,” katanya.

Sebab, sambung dia, banyak khasanah budaya dan keturunan bahasa serumpun, seperti bahasa sehari-hari yang digunakan di Kayong Utara. Bahkan termasuk di Kepualuan Riau, yang menurut dia, termasuk dalam putra Riau yang menjadi raja di Kayong Utara yaitu Tengku Akil. Selain itu di sisi lain, diharapkan dia, juga dapat mengenang perjuangan para leluhur yang menjadikan daerah kita ini daerah atau negeri bertuah. “Semoga dengan adanya Festival Budaya ini juga mampu menggali petensi-potensi khusunya di Kayong Utara,” ungkapnya. (dan)

Read Previous

Bupati Ikut Padamkan Karhutla

Read Next

KPU Bahas RAB Pilkada 2020 dengan Pemda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *