Proyeksi Defisit APBD 2019 Rp 9,62 Miliar

MASIH TERBAKAR: Kabut asap masih menyelimuti pemukiman masyarakat Dusun Telayar. Sebab, sampai saat ini titik api di wilayah itu belum sepenuhnya berhasil dipadamkan.ISTIMEWA

MEMPAWAH – Pemerintah Kabupaten Mempawah memproyeksikan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 sebesar Rp 9,62 miliar. Jumlah itu menurun drastis dibandingkan defisit tahun sebelumnya yang mencapai Rp 44, 25 miliar. Berkurangnya defisit tersebut diharapkan mampu mengefektikan alokasi penggunaan anggaran daerah.

“Berdasarkan Perda Nomor 11 dan Perbup 54 tahun 2018 tentang APBD 2019, jumlah pendapatan sebesar Rp 1,016 triliun dan belanja daerah sebesar Rp 1,026 triliun. Sehingga, defisit hanya berkisar Rp 9,62 miliar,” ungkap Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH saat membacakan nota keuangan Raperda APBD Perubahan tahun 2019 di Gedung DPRD Mempawah, kemarin siang.

Erlina mengungkapkan, kebijakan belanja pegawai dilakukan dengan cara menghitung realisasi dari bulan Januari hingga Desember. Termasuk pula mengantisipasi kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, tunjangan keluarga, mutasi pegawai dari daerah lain dan gaji CPNS dalam triwulan terakhir tahun 2019. “Maka pada perubahan cadangan gaji CPNS dan P3K tahun 2019 ditarik dan hanya disediakan sesuai kebutuhan yang ditetapkan Menpan-RB,” sebutnya.

Berkenaan dengan belanja hibah dan bantuan sosial tahun 2019, Erlina memastikan tetap akan dialokasikan dalam rangka menunjang penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sekaligus upaya meningkatkan partisipasi pembangunan daerah dengan berpedoman pada Permendagri nomor 32 tahun 2011.

“Dalam rangka pengendalian hibah bansos dan mengantisipasi pemberian hibah pada organisasi terlarang maupun organisasi yang tidak jelas aktifitas kegiatannya, maka direkomendasikan Korsupgah KPK untuk menggunakan sistem aplikasi http://salingbantu.mempawahkab.go.id,” paparnya.

Lebih jauh, Bupati mengatakan, menyangkut belanja barang dan jasa serta belanja modal pada APBD Perubahan 2019 diarahkan pada pemenuhan mandastory spending sesuai dengan UU APBN  nomor 12 tahun 2018 yang mengisyaratkan anggaran infrastruktur diperoleh dari dana transfer umum minmal sebesar 25 persen.

“Mudah-mudahan seluruh proyeksi anggaran pada APBD 2019 ini dapat diaplikasikan dengan optimal dan sebaik mungkin sesuai rancangan dan perencanaan yang telah disusun bersama eksekutif dan legislatif Pemerintah Kabupaten Mempawah,” harapnya mengakhiri. (wah)

Read Previous

Paparkan Resolusi Konflik di Kalbar

Read Next

Bocah Kelas 3 SD Tenggelam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *