PT CMI Bantu Kelompok Tani dan Peternak

BINAAN: PT CMI melakukan pendampingan pada kelompok petani. Selain petani, pendampingan juga diberikan pada peternak. ISTIMEWA

Di Tengah Pandemi Covid-19, Ajak Perbaiki Ekonomi Masyarakat

KETAPANG – PT Cita Mineral Investindo Tbk (PT CMI) mengedepankan masyarakat sebagai bentuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat  melalui program-program corporate social responsibility (CSR). Salah satu program CSR yang berhasil dikembangkan adalah Kelompok Tani dan Ternak Binaan PT Cita Mineral Investindo Tbk (PT CMI).

Baru-baru ini Kelompok Tani dan Ternak binaan CMI melakukan kegiatan panen perdana berupa buah, sayur dan ayam ternak. Kegiatan panen perdana ini dilakukan yang pertama oleh Kelompok Tani Dusun Pesanggaran Desa Karya Baru, Kecamatan Marau, Ketapang dengan hasil panen berupa sayur-sayuran antara lain timun, kangkung, gambas dan cabai. Total hasil panen pertanian sayur mencapai kurang lebih 1 ton 300 Kg dan masih berlanjut untuk panen-panen berikutnya, seperti halnya buah semangka yang mencapai angka panen sekitar 500 kg.

Begitu juga dengan Kelompok Peternakan binaan PT CMI yang dikelola oleh muda mudi karang taruna Dusun Batang Belian Desa Karya Baru Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang, dimana produk ternaknya yaitu berupa ternak ayam potong atau ayam pedaging. Kelompok Ternak ini melakukan kegiatan panen perdana yang mencapai kurang lebih sejumlah 300 kg ayam siap panen.

Manager HRGA-CSR-LA PT CMI, Dahyan Davis, menjelaskan bahwa ini merupakan langkah yang dilakukan perusahaan sebagai salah satu bentuk program CSR dalam mendampingi kelompok binaannya untuk menghadapi dampak Pandemi Covid-19 dari segi ekonomi dan pendapatan riil masyarakat yang mulai merosot akibat wabah ini.

“Kami dari pihak perusahaan merasa senang karena berhasil melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok pertanian maupun peternakan yang berada di bawah naungan PT CMI. Program-program yang kita berikan merupakan program CSR untuk menunjang taraf ekonomi masyarakat sekitar area perusahaan. Apalagi saat ini kita sedang dilanda pandemi Covid-19 ini yang salah satu akibatnya membuat ekonomi masyarakat menurun. Untuk itu dengan adanya program CSR ini, pihak perusahaan berharap hal itu mampu mengangkat ekonomi masyarakat saat ini,” jelasnya.

“Selain program yang diberikan oleh CSR perusahaan, untuk membantu strategi pemasarannya perusahaan juga menampung hasil daripada kelompok binaannya sendiri sehingga memudahkan kelompok binaannya dalam hal penjualan produk yang dihasilkan,” tambahnya.

Kasranudin, Ketua Kelompok Tani Dusun Pesanggaran menyampaikan rasa terima kasih kepada PT CMI yang telah terus menerus memberikan arahan dan pembelajaran serta pembinaan kepada kelompok tani. Dia berharap perusahaan akan terus mendukung kelanggengan usaha tani para kelompok tani Dusun Pesanggaran tersebut.

“Kami mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada PT CMI yang tidak henti-hentinya membantu kami selaku kelompok tani. Saya bersyukur CSR perusahaan selalu aktif dalam membina dan membantu kami sampai masa panen sehingga kami mampu mendapatkan hasil panen yang maksimal,” ungkapnya.

“Kami menyadari akibat wabah Covid-19 ini banyak sekali masyarakat yang mulai kesulitan dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk itu kami merasa bersyukur dapat melaksanakan kegiatan panen perdana buah hasil binaan perusahaan sebagai wujud pertolongan perusahaan yang diberikan kepada kami dalam membantu keberlangsungan hidup kami. Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak perusahaan,” imbuhnya.

Dimson, selaku Pembina Kelompok Ternak Karang Taruna Dusun Batang Belian juga mengungkapkan banyak rasa terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah membina dari awal program ternak ayam pedaging tersebut sampai dengan panen.

“Kami selaku Karang Taruna Dusun Batang Belian terlebih saya selaku Pembina mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada pihak perusahaan PT CMI yang mana kehadirannya menimbulkan nilai-nilai positif di tengah masyarakat khususnya di tengah pandemi yang saat ini tengah kami rasakan. Hasil yang kami peroleh dari program yang telah pihak perusahaan berikan menurut kami sudah cukup membantu kami dalam mengatasi kesulitan ekonomi di tengah wabah Covid-19 ini. Dimana hasil panen ayam ini sebagian kita jual dan sebagiannya kita sumbangkan kepada masyarakat di daerah kami yang sangat membutuhkan bantuan. Saya berharap pihak perusahaan selalu aktif memberikan program-programnya yang bersifat positif dan mampu mengangkat nilai taraf hidup ekonomi masyarakat di area perusahaan” tutupnya. (*/ser)

Read Previous

Kurva Covid di Kalbar Landai

Read Next

Warga Diimbau Tak Terprovokasi Kasus Keributan di Pontianak Utara



One Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *