PT SMS Dan PT MAK Gelar Pelatihan Karhutla, Dukung Upaya Pemerintah Cegah Karhutla

NGABANG – PT Satria Multi Sukses (SMS) dan PT Musthika Abadi Khatulistiwa (MAK)berkolaborasi dengan Manggala Agni Daop Kalimantan VIII/Pontianak, menggelar pelatihan dasar pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

l

Kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi musim kemarau yang dapat memicu kebakaran. Kegiatan pelatihan digelar di lokasi perkebunan pada Selasa (28/7) hingga Kamis (30/7) lalu.

Kegiatan ini, juga merupakan tindak lanjut dari pihaknya untuk melaksanakan amanat gubernur Kalbar No. 522/0937/DLHK-V pada 31 Maret 2020 lalu. Amanat ini berisikan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020.

Bahwa pihak perusahaan diminta ikut serta dalam pengendalian bahaya kebakaran di propinsi kalbar khususnya di wilayah operasional Perusahaan masing-masing.

“Kami pun berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan Karhutla, walaupun di tengah pandemi,” ungkap General Manager Kebun Charoen Pokphand Plantation Group, Antonius.

Dalam pelatihan ini, tim Damkar perusahaan mendapatkan teori persiapan dan pencegahan terjadinya Karhutla. Setelahnya, simulasi Karhutla digelar. Tim Damkar mempraktikkan teori yang didapat untuk memadamkan api dengan sigap di lokasi perkebunan PT SMS dan PT MAK.

Sebagai pelatih, pihaknya melibatkan Manggala Agni Daop Kalimantan VIII/Pontianak dan Tim Brigade Damkar Perusahaan. Selain itu, giat tersebut juga mengundang Muspika yang ada di operasional Perusahaan seperti Camat, Kepala Desa, Kepolisian dan Tetua adat setempat.

Dalam kegiatan itu, pihaknya juga mendapat evaluasi Manggala Agni DAOP Kalimantan VIII/Pontianak mengenai kelengkapan sarana dan prasarana pengendalian Karhutla.

“Hasilnya kelengkapan Sarpras Damkar tersebut telah sesuai Ketentuan Permentan No. 5/Permentan/KB.410/1/2018 Tentang Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan tanpa Membakar,” tutupnya. (mif)

loading...