Puncak Harganas ke 27; Jemput Bola Pelayanan Sejuta Akseptor

PONTIANAK-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, Tenny Calvenny Soriton memimpin upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh hari ini (29/6). Upacara yang dilakukan di halaman kantor BKKBN Kalbar itu, sekaligus menyampaikan poin-poin utama pada Harganas tahun ini oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

“Salah satu kegiatan Harganas di tahun ini, adalah pelayanan KB sejuta akspetor serta pemberian pelayanan jemput bola program bangga kencana dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” ujar Kepala BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton ketika membacakan pidatonya, saat upacara peringatan Harganas di halaman Kantor BKKBN Kalbar, Senin pagi.

BKKBN kata dia bertekad membangun dengan cara dan semangat baru guna menjadikan keluarga berkualitas.

Melalui keluarga dia mengajak semua masyarakat Kalbar untuk bersama-sama mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju. BKKBN saat ini lanjut dia, juga miliki semangat dan cara baru dalam setiap programnya yang akan hadir untuk keluarga.

Tahapan tersebut dimulai dari rebranding logo BKKBN, kemudian pergantian nama KKBPK menjadi Bangga Kencana dengan harapan cara baru ini bisa menjangkau keluarga diseluruh Indonesia dengan utamanya menyasar keluarga miskin, daerah padat dan susah dijangkau.

Kemudian dia melanjutkan, upaya pemerintah buat perbaikan keluarga telah dimulai dengan membentuk Kampung KB. Inisiatif itu langsung dilakukan oleh presiden.

Hasilnya kini, Kampung KB yang kini berubah nama menjadi Kampung Keluarga Berkualitas total diseluruh Indonesia terdapat 15923.

Peran BKKBN dalam membangun manusia baik dari kesehatan dan mental karakternya menuju revolusi mental tentunya harus dimulai di keluarga, yang merupakan unit terkecil sekaligus wahana pertama pembentukan karakter bangsa.(iza)