Puncak Peringatan HAB ke-74 Kementerian Agama di Kalbar

PUNCAK Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke- 74 Kementerian Agama RI Tahun 2020 secara serentak di seluruh Indonesia digelar Jumat (3/1) ini.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat turut berpartisipasi menggelar upacara bersama di halaman kantor Jalan Surtan Syahrir, No.12, Pontianak ini.


Akan dihadiri Gubernur Kalbar, Sutarmidji sebagai inspektur upacara. Acara dilanjutkan dengan tasyakuran dan ramah tamah di Aula Kanwil Kemenag Kalbar.

Kepala Kanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah mengatakan sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama 2020, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, Kementerian Agama mengajak seluruh jajaran di pusat dan daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kemenag hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Seluruh jajaran Kemenag harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kemenag secara kontekstual di tengah masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri ratusan undangan, terdiri dari 100 Undangan VIP, dan selebihnya dari IAIN Pontianak, ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, ASN Kemenag Kota Pontianak, ASN Kemenag Kubu Raya dan Para Purna Tugas Kanwil Kemenag Kalbar.

Sehari sebelumnya, Kamis (2/1) digelar Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Darma Patria Jaya, Km 12, Kubu Raya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati HAB Kemenag ke 74 Tahun 2020, sekaligus sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan dan mengenang jasa-jasa mereka yang telah gugur dalam merebut, membela dan mempertahankan NKRI.

“Sudah selayaknya para pahlawan mendapatkan penghormatan dari generasi penerusnya, karena asbab perjuangan mereka kita dapat merasakan kedamaian dan keadilan dalam kemerdekaan,” jelas Ridwansyah.

Ketua Panitia HAB ke-74 Kanwil Kemenag Kalbar Syarifendi menuturkan Pekan Silaturrahim HAB Kemenag ke-74 telah digelar pada 16-20 Desember 2019.

Dimeriahkan dengan acara senam kerukunan, jalan sehat bersama, volly ball DWP dan ASN, tenis lapangan, tenis meja, dan bulutangkis, Catur, lomba qasidah DWP se-Kalbar dan tarik tambang.

Tujuannya mempererat jalinan silaturahim dilingkungan ASN Kanwil Kemenag Kalbar dengan seluruh Jajaran ASN Kantor Kemenag Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat.

Sedangkan kegiatan Bhakti sosial lainnya meliputi kegiatan donor darah, pemeriksaan kesehatan seperti asam urat, kolestrol gula darah, tes IVA bagi wanita. Kegiatan tersebut dipusatkan di mess Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.(mrd)

error: Content is protected !!