Puskesmas Rawat Jalan Buka Kembali

Sidiq Handanu

PONTIANAK – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidig Handanu mengatakan aktivitas rawat jalan di Puskesmas di Kota Pontianak kembali dibuka seperti biasa pada hari ini, Sabtu (15/5).
“Untuk puskesmas rawat jalan hari Sabtu sudah masuk kembali,” kata Sidiq di Pontianak, kemarin.

Sebelumnya aktivitas rawat jalan sempat libur selama tiga hari lebaran tahun 2021. Mulai Rabu, Kamis dan Jumat. Dinas Kesehatan memberikan libur kepada petugas di puskesmas agar bisa kembali rileks bertugas untuk menghadapi pekerjaan terutama menghadapi Pandemi Covid-19.
“Sebenarnya pada tahun ini hari raya tidak ada libur yang panjang seperti tahun lalu. Maka hanya libur hari Rabu, Kamis dan Jumat. Memang diberikan kelonggaran pada tahun ini agar puskesmas bisa rileks agar bisa fresh lagi untuk menghadapi pekerjaan terutama menghadapi Pandemi Covid-19,” jelas Sidiq.

Meski demikian untuk pelayanan kesehatan secara umum seperti rumah sakit selama libur hari Idulfitri tetap buka 24 jam. Petugas di UGD tetap harus melayani pasien dalam kondisi gawat darurat. Sedangkan puskesmas dengan pelayanan 24 jam seperti persalinan juga tetap buka selama libur Idulfitri.

Pemerintah Kota Pontianak memiliki tiga puskesmas dengan pelayanan 24 jam. Puskemas tersebut melayani persalinan bukan puskemas yang melayani kegawatdaruratan.

Sedangkan untuk kegawatdaruratan karena di Kota Pontianak fasilitas kesehatan telah memadai baik milik pemerintah maupun swasta. Maka bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan pada saat libur lebaran bisa mengakses pelayanan di UGD semua rumah sakit. (mse)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!