Puting Beliung Kembali Rusak Rumah Warga

DITERJANG PUTING BELIUNG: Jamaludin bersama warga membersihkan reruntuhan pohon besar yang menimpa dapur rumahnya | Ashri/.pontianak post

SUNGAI RAYA – Angin puting beliung, Rabu (28/8) sore sekitar pukul 16.15 WIB kembali membuat rusak rumah warga. Kali ini rumah milik Juliana, warga Gang Masjid RT04/RW04 Desa Arang Limbung ambruk tertimpa pohon besar di belakang rumahnya yang diterjang angin puting beliung.

Sembari membersihkan rumahnya, Juliana menceritakan, datangnya angin puting beliung sore itu cukup singkat. Menurutnya saat hujan mulai deras, dirinya sempat menutup jendela rumah. Dari kejauhan ibu tiga anak ini memang sudah melihat pusaran angin di tengah Sungai Kapuas.

Tak berapa lama usai menutup semua pintu jendela rumah, tiba-tiba Juliana mendengar seperti bangunan runtuh di bagian belakang rumahnya. Untuk memastikan rumahnya dalam kondisi aman, perempuan paruh baya ini pun kemudian berlari kearah dapur namun dia melihat dapur dengan luas sekitar 5×9 meter sudah ambruk tertimpa pohon besar di belakang rumahnya.

“Angin puting beliung dari arah sungai itu seperti langsung naik ke arah daratan dan menerjang pohon besar di belakang rumah, lalu pohon pun tumbang dan menimpa semua bagian dapur rumah saya,” ucapnya kepada Pontianak Post, Kamis (29/8).

Suami Juliana, Jamaludin mengaku kaget saat pulang melihat dapur rumahnya telah ambruk tertimpa pohon besar. “Memang saat kejadian saya tidak ada di rumah, makanya kaget pas pulang melihat semua bagian dapur sudah ambruk tertimpa pohon besar ini,” jelasnya.

Kendati mengaku belum mendapat bantuan dari pemerintah daerah setempat. Pantauan di lapangan tampak sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya bersama warga sekitar turut membantu membersihkan bagian dapur yang telah ambruk lantaran tertimpa pohon besar di belakang rumah Juliana. “Semoga sajalah ada bantuan dari pemerintah, setidaknya bisa mengurangi beban kami untuk memperbaiki dapur kami yang rusak parah ini,”harapnya.

Secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya, Mokhtar membenarkan terjadinya angin puting beliung yang terjadi di Gang Masjid, RT04/RW04 Desa Arang Limbung.

Menurutnya angin puting beliung terjadi sekitar pukul 16.15, kala itu kata Mokhtar memang terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang. “Tak berapa lama hujan turun Angin dengan pusaran kencang yang semula berada di tengah sungai ini kemudian menuju menerjang sebuah pohon besar, seketika pohon tersebut tumbang dan kemudian menimpa satu rumah warga,”katanya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kata Mokhtar sejumlah warga setempat bersama personel BPBD harus bekerja keras membantu membersihkan sisa reruntuhan pohon besar yang telah membuat ambruk rumah Juliana. Tidak sekedar membantu membersihkan reruntuhan ranting pohon besar yang menimpa rumah korban, kata Mokhtar pihaknya pun langsung membuat laporan tertulis ke Bupati Kubu Raya berkaitan dengan terjadinya angin puting beliung yang membuat rusaknya rumah salah satu warga di Gang Masjid. “Untuk tindak lanjut atau bantuan seperti apa nantinya, tentunya kami harus berkoordinasi dan menunggu keputusan dari atasan dulu,” jelasnya.

Lantaran menjadi salah satu daerah yang rentan terjadi terjangan angin puting beliung, Mokhtar mengingatkan masyarakat, khususnya di Kubu Raya untuk tetap berhati-hati saat terjadi hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

“Pantauan kami saat terjadi kemarau panjang kemudian saat akan masuk musim penghujan, biasanya berpotensi terjadi angin puting beliung, makanya kami harap masyarakat bisa tetap berwaspada. Dan sejauh ini terdapat beberapa titik yang sudah kami pantau kerap terjadi angin puting beliung,” jelasnya.
Selain beberapa titik di Sungai Raya, sejauh ini menurutnya sejumlah titik yang kerap kali terjadi angin puting beliung seperti di sekitar Kecamatan Sungai Kakap, Sungai Ambawang dan Kuala Mandor B.

“Jika sewaktu-waktu terjadi angin puting beliung, sebaiknya menurut kami tetap saja berada di dalam rumah, khawatirnya kalau lari keluar semua barang yang diterbangkan angin bisa menciderai warga yang berlarian keluar rumah,”pungkasnya. (ash)

loading...