Ramadhan 1442 H Tetap Taat Prokes

Daeng Dicky Armeina

CAMAT Sui Pinyuh, Daeng Dicky Armeina memastikan memberikan izin kegiatan pasar Ramadhan 1442 H di Kecamatan Sungai Pinyuh. Hanya saja, para pedagang dan masyarakat diingatkan untuk melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin. “Berdasarkan hasil rapat di tingkat kabupaten, pasar Ramadhan atau pasar juadah tetap diperbolehkan. Silahkan saja masyarakat membuka lapak berjualan di wilayah Kecamatan Sungai Pinyuh sesuai aturan dan ketentuan yang ada,” kata Daeng Dicky, Rabu (7/4) siang.

Namun, Daeng Dicky menegaskan, ada syarat yang harus dipenuhi pedagang maupun pengunjung pasar Ramadhan 1442 H nanti. Syarat tersebut berkaitan dengan penerapan prokes Covid-19. “Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka syarat yang harus dipenuhi yakni menerapkan prokes dengan ketat. Prokes harus diterapkan dengan disiplin, jangan sampai lengah,” tegasnya.

Misalnya, sambung Camat, harus ada jarak antara lapak pedagang pasar Ramadhan. Kemudian, pedagang wajib membuat tirai atau pembatas plastik untuk menjaga jarak antara pedagang dan pengunjung. “Pedagang juga mesti memastikan tidak terjadi kerumunan atau keramaian di lapak jualannya. Kalau pun harus antrian, maka pengunjung harus disiplin menjaga jarak agar tidak berkerumun,” pesannya.

Selanjutnya, imbuh Camat, dia minta agar masing-masing pedagang menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer. Serta lakukan sterilisasi lapak setiap kali usai menggelar dagangan. “Untuk pengunjung juga diharapkan selalu memakai masker dan menjaga jarak aman saat berbelanja di pasar ramadan. Lebih lanjut, kita masih menunggu surat edaran dari kabupaten berkaitan dengan juklak dan juknis pasar Ramadhan 1442 H,” pungkasnya.(wah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!