Ratusan Merchant di Kalbar Segera Beralih ke QRIS

Tim dari KPw BI Kalbar saat melakukan kunjungan di salah satu merchant dalam rangka melakukan pengamatan transaksi QR. Istimewa

PONTIANAK – Setelah diluncurkan pada 17 Agustus 2019 yang lalu, QR Code Indonesian Standard atau yang disingkat QRIS, akan segera diimplementasikan pada seluruh merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran melalui kode QR. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar saat ini berupaya untuk mendorong seluruh merchant di provinsi ini agar segera mengganti kode QR yang saat ini disediakan oleh masing-masing Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan satu QR saja yaitu QRIS.

Kapsulani, selaku Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Layanan Administrasi, KPw BI Kalbar menyatakan, bahwa BI telah melakukan sosialisasi kepada PJSP bank maupun Non Bank dan merchant sejak bulan Agustus 2019. “DaIam beberapa sosialisasi terdapat minat yang besar dari pengusaha ritel dan UMKM untuk menggunakan QRIS setelah mengetahui kemudahan dan kenyamanan,” ungkap dia, kemarin.

Mapping dan identifikasi merchant non QRIS secara sektoral ini, dikatakan dia, dilakukan pada ritel mall, jaringan hotel, jaringan supermaket, jaringan cafe, jaringan toko cinderamata. Pihaknya telah melakukan kunjungan kepada 60 dari  total 187 merchant yang akan dikunjungi dalam rangka melakukan pengamatan transaksi QR, apakah sudah sesuai ketentuan Bank Indonesia dan standar QRIS.

“KPwBl Kalbar bersama pemerintah daerah baik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, Asosiasi, PJSP Bank maupun Non Bank, akan merumuskan implementasi kewajiban penggunaan QRIS untuk retribusi daerah, pasar tradisional dan kampus,” ungkap dia, kemarin.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 35 PJSP yang sudah teridentifikasi memiliki izin QRIS dari Bank Indonesia.  Adapun di Kalbar, berdasarkan informasi dari PJSP Bank maupun Non Bank, sampai saat Ini sudah 112 merchant yang mengajukan penggunaan QRIS. Untuk mendapatkan QRIS, menurutnya, merchant yang telah bekerjasama dengan PJSP dapat mengajukan penggantian QR Code QRIS, yang selanjutnya PJSP akan mengirimkan QRIS kepada merchant yang dapat langsung digunakan untuk bertransaksi dengan mudah dan aman.

Lebih lanjut dia menjelaskan, terkait edukasi, sosialisasi dan penggantian QR menjadi QRIS kepada merchant merupakan tugas dari PJSP. “Hasil kunjungan yang dilakukan tim dari KPwBl Kalbar, merchant cukup memahami penggunaan QRIS dan kemudahan bertransaksi dengan pelanggan,” pungkas dia. (sti)

loading...