Ratusan Peserta Ramaikan Kirab Budaya

KIRAB BUDAYA: Bupati dan Wakil Bupati antusias melihat beragam tampilan peserta kirab pawai budaya. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Kemeriahan HUT ke-74 RI di Mempawah

MEMPAWAH – Berbagai rangkaian acara dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mempawah dalam memeriahkan HUT RI ke-74. Kemarin siang, Disdikporapar menggelar kirab pawai budaya. Sebanyak 900 peserta berpartisipasi dalam kegiatan yang pertama kali dilaksanakan itu. Mengambil lokasi start di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Mempawah, arak-arakan pawai dilepas Bupati, Hj Erlina, SH, MH.

“Kegiatan ini menjadi momentum untuk mempererat silaturahim, persatuan, kesatuan serta kebersamaan elemen masyarakat di Kabupaten Mempawah. Apalagi saat ini, kita sedang memperingati hari kemerdekaan, maka kegiatan ini menjadi wadah untuk menyatukan masyarakat,” kata Erlina.

Erlina menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Disdikporapar yang telah menyelenggarakan kirab pawai budaya untuk pertama kalinya. Ke depan, Bupati berharap kegiatan tersebut dapat dikemas lebih baik hingga berlangsung semarak dan penuh kemeriahan.

“Ke depan, kita akan tingkatkan lagi agar acara ini agar lebih semarak dan meriah. Alhamdulillah, tahun ini peserta yang berpartisipasi cukup ramai dan semoga tahun depan bisa lebih meningkat lagi,” harap Erlina.

Bahkan, Erlina mengusulkan agar kirab pawai budaya tahun depan diperlombakan. Setiap peserta kirab akan mendapatkan penilaian dari panitia penyelenggara. Nanti, para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah dari Pemerintah Kabupaten Mempawah.

“Tujuannya untuk memberikan motivasi agar peserta semakin bersemangat untuk memeriahkan dan meramaikan kegiatan pawai budaya di Kabupaten Mempawah,” tuturnya.

Kepada peserta, Bupati berpesan agar tidak membubarkan diri setelah tiba di lokasi finish di Halaman Kantor Bupati Mempawah. Dia minta agar seluruh peserta dapat mengikuti apel penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT ke-74 RI.

“Inilah wujud penghargaan kita kepada para pejuang bangsa yang telah mengorbankan, harta, benda bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Sudah sepantasnya kita selalu mengingat dan mengang jasa para pahlawan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Raja Fajar Azansyah dalam laporannya mengungkapkan, peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan itu sebanyak 900 orang yang berasal dari 33 komunitas. Yakni berasal dari elemen masyarakat, kecamatan, OPD, etnik dan lainnya.

“Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan dimasa kepemipinan Ibu Hj Erlina dan Bapak Muhammad Pagi. Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pawai budaya ini sangat besar. Seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi,” ucapnya.

Para peserta kirab, lanjut Fajar berjalan kaki sejauh dua kilometer. Dimulai dari Rumdin Bupati Mempawah, Jalan GM Taufik, Simpang Tugu Pak Tani, Jalan Daeng Menambon dan finish di Halaman Kantor Bupati Mempawah.

“Para peserta kirab juga akan mengikuti apel penurunan bendera di Halaman Kantor Bupati Mempawah.Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini bisa kita jadikan sebagai event Mempawah Fashion Carnaval agar lebih semarak dan meriah. Insha Allah, kami akan mengemas kegiatan ini agar lebih baik lagi,” janjinya mengakhiri. (wah)

Read Previous

Massa Bakar Gedung DPRD, Kota Manokwari Lumpuh Total

Read Next

Dugaan Gratifikasi, Ketua DPRD Ketapang Bantah Larikan Diri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *