Ratusan Remaja Belajar Bersama Melalui Permainan Kuis Rangking 1

Kuis : Puluhan peserta ikut serta dalam permainan Rangking 1 yang dimainkan di Halaman Masjid Raya Mujahidin. Mirza/Pontianak Post 

Intervensi Remaja Jadi Fokus Demi Tercipta SDM Berkualitas

Transfer informasi tentang kependudukan pada remaja milenial bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang apik, dan mampu terekam di kepala, melalui permainan kuis. Bagaimana serunya ratusan kawula muda belajar sambil bermain itu?

Mirza Ahmad Muin, Pontianak

Pandangan mata ke lima puluh remaja peserta kuis rangking 1, di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu pagi, begitu fokus pada salah satu ASN Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat, yang bertugas sebagai tim pembaca pertanyaan. Ilmu dasar tentang Kependudukan, menjadi salah satu pertanyaan yang mesti dijawab para peserta itu. Dari tiga pilihan, peserta mesti memilih satu jawaban. Hasilnya, lumayan banyak peserta gugur karena jawaban yang dipilih salah.

Sebagian peserta tampak kecewa. Sebagian lagi gembira karena tetap bertahan dalam permainan. Setelah itu, merekapun tertawa riang dan mendengarkan kembali satu persatu pertanyaan dari tim penanya, dengan dominasi soal tentang kependudukan. “Permainan kuis rangking 1 ini menyenangkan. Peserta mesti menjawab pertanyaan yang dilontarkan tim penanya. Satu kelompok diisi 50 peserta. Untuk menjadi pemenang, kita harus melahap semua jawaban dengan benar,” ungkap salah satu peserta rangking 1, Asya.

Menurut Asya kuis seperti ini seru. Selain bersaing menjadi terbaik, secara tak langsung peserta juga belajar tentang beragam persoalan kependudukan. Cara BKKBN Kalbar menggandeng remaja juga tidak kaku. Jika dalam kegiatan peserta mesti duduk merenung di satu ruang dengan mendengar paparan pemateri, dianggap sebagian remaja membosankan. “Dengan kuis menurut saya tepat. Suasanapun makin ceria, sehingga informasi yang disampaikan mudah masuk,” ungkapnya.

Di tempat sama, Kepala perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana menjelaskan bahwa games rangking 1 merupakan salah satu dari rangkaian acara dialog interaktif gerakan pengasuhan anak pada zaman now dalam rangka hari anak dan aksi remaja melalui lima transisi kehidupan. Dijelaskan dia, ke depan pemuda bakal menduduki posisi sentral dalam berbagai lini. Oleh karenanya remaja menjadi perhatian semua pihak termasuk BKKBN Kalbar.

Apalagi lanjut dia, Presiden RI telah membuat kebijakan di mana di periode ke dua kepemimpinannya bakal fokus pada Sumber Daya Manusia. Menurut Kusmana, SDM tidak bisa dibangun dengan waktu sebentar. Maka dari itu, dalam upayanya sebisa mungkin BKKBN mengambil posisi disemua kegiatan guna memberikan pencerahan SDM. “Salah satunya melalui kegiatan yang melibatkan remaja seperti ini,” katanya.

Khusus di Kalbar gerakan perbaikan SDM remaja sudah mulai tampak. Salah satunya remaja berprestasi asal Kalbar Anto, yang juga menjabat sebagai Ketua Forum GenRe nasional sekarang ini makin bersinar di level nasional. “Yang terbaru dia mendapat award senasional. Anto juga dapat beasiswa belajar ke Polandia,” katanya.

Darinya diharap Kusmana bisa menjadi contoh remaja lain untuk mengikuti jejaknya. Salam kegiatan ini Anto juga dihadirkan ke sini. Mudah-mudahan bisa membakar motivasi remaja lain untuk berprestasi. Jika remaja Kalbar makin banyak prestasi, korelasinya adalah peningkatan SDM Kalbar. Dengan baiknya SDM di satu daerah menjadi modal buat kemajuan daerah tersebut. “Untuk di Kalbar fokus kami tetap daerah perbatasan terpencil dan terjauh. Salah satu intervensi yang kami lakukan melalui Kampung KB,” tandasnya.(**)

Read Previous

Kantor Adira Finance Pontianak Terbakar

Read Next

Deja vu dan Aturan Baru

Tinggalkan Balasan

Most Popular