Refinary: Kerja Tuntas Tanpa Bohong

Dr. Erdi, M.Si

Tahun 2020, ada wacana pemerintah untuk membuat minyak goreng (migor) curah dari minyak kelapa sawit. Wacana ini telah disambut oleh pengusaha migor curah dengan antusias. Satu diantaranya adalah Bapak Eko, salah seorang pengusaha migor curah di Kota Pontianak. Bahkan, Pak Eko dikabarkan telah siap dengan lokasi dan sebagainya. Lalu pertanyaanya adalah, apakah bisnis ini dapat dijalankan dengan sukses dan berkelanjutan?

Sebenarnya, wacana itu sudah terlambat, meskipun tidak ada kata terlambat untuk sebuah kebajikan. Ketika Indonesia sudah memutuskan untuk mengembangkan sawit rakyat; maka macana itu sebetuhlnya diikuti oleh rencana ini.

Ketika hadir pemerintah adalah untuk memperbaiki layanan public, memberi perlindungan dan rasa aman kepada rakyat serta berusaha mensejahterakan rakyat sebagaimana dipahami oleh Rhodes (2014: The Oxford Handbook of Political Leadership) sebagai peran negara, maka ide ini dapat dimaknai sebagai satu ide cemerlang yang keluar dari seorang pemimpin. Dengan demikian, wacana untuk menjual minyak goreng dalam bentuk kemasan berkualitas merupakan bagian dari kerja besar pemerintah dalam rangka melaksanakan peran negara sebagaimana disebut di atas.

Read Previous

Grolier, Sarana Belajar yang Menyenangkan

Read Next

Didorong Ekonomi Digital, Yakin Pertumbuhan PDB 2020 Capai 5,2 Persen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *