Relawan Siap Asistensi Wajib Pajak Lapor SPT

BANTU: Relawan pajak memberikan asistensi membantu wajib pajak orang pribadi dalam mengisi SPT tahunan. IST

PONTIANAK—Bekerja dengan Tax Center yang ada di Kota Pontianak, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat telah menetapkan 128 relawan pajak yang kini telah mulai memberikan asistensi penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan, Selasa (25/2).

Sebelum bertugas, sebanyak 30 Relawan Pajak yang ditempatkan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pontianak Barat mendapat pengarahan dari Kepala KPP Pratama Pontianak Barat Witarto.

Relawan pajak dapat membantu wajib pajak orang pribadi yang akan menyampaikan SPT dengan Formulir SPT Tahunan 1770 (khusus untuk wajib pajak yang melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018) dan SPT Tahunan Pajak Penghasilan 1770S, dan 1770SS melalui e-filing.

Pada saat relawan pajak memberikan asistensi membantu wajib pajak orang pribadi dalam mengisi SPT tahunan, diminta agar wajib pajak mengisi formulir surat pernyataan wajib pajak atas asistensi pengisian SPT tahunan yang dilakukan oleh relawan pajak.

Beberapa hal yang dari surat pernyataan tersebut adalah bersedia memberikan informasi yang dibutuhkan kepada relawan pajak terkait hal-hal yang dapat memudahkan asistensi pengisian SPT tahunan dan bersedia bertanggungjawab atas isi dalam SPT tahunan.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Pontianak Barat Raden Isharijudi berharap dengan adanya sinergi antara pegawai dan relawan pajak pelayanan di loket khusus E-filing KPP Pratama Pontianak Barat semakin efektif dan efisien.

“Direncanakan relawan pajak juga akan turut berkontribusi dalam asistensi kepada wajib pajak untuk pelaporan SPT Tahunan 2019 Wajib Pajak Orang Pribadi  secara E-filing di Pojok Pajak KPP Pratama Pontianak Barat yang akan dibuka di Pasar Tengah Pontianak  pada awal bulan Maret 2020,” kata Is. (r/*

loading...