Resmikan Desa Bersinar Bersih Narkoba
Darwis Ajak Masyarakat Bersama-sama Perangi Narkoba

TANDATANGAN :  Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis saat menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian desa bersih dari narkoba di Desa Setia Budi. IST

BENGKAYANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkayang meresmikan Desa Bersinar (bersih dari Narkoba) di Desa Setia Budi, pada Selasa (6/4) pagi.

Kepala BNNK Bengkayang, Wahyu Kurniawan menjelaskan terkait launching Desa Bersinar yang dilakukan kali ini dilakukan setelah melihat situasi darurat narkotika terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, terkhususnya di Kabupaten Bengkayang. Ia menyatakan, BNN bersama Polri, TNI, dan Bea cukai, imigrasi, pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat harus mampu bersinergi dan bersama-sama mengambil langkah strategis untuk mengatasi Narkotika.

“Penanganan Narkoba ini memang harus dilaksanakan secara komprehensif dan berkesinambungan dalam hal pencegahan.  BNN telah melaksanakan berbagai terobosan dan inovasi antara lain yang dilakukan yaitu pemeriksaan urin, penyuluhan narkotika dan membentuk spesifikasi lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Wahyu mengajak seluruh masyarakat bersama-sama untuk menerangi peredaran narkoba sedari dini. Selain menanggulangi sekaligus pencegahan narkoba, tujuan diadakannya desa bersih juga berfokus pada kesejahteraan masyarakat desa. Dia berharap dengan adanya desa bersinar setiap desanya akan dijauhkan dari peredaran gelap narkoba.

“ayo Bersama-sama kita perangi narkotika dengan segala upaya dan daya demi masa depan anak-anak  generasi emas bangsa Indonesia,” ajaknya.

Di tempat sama, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis menilai bahwa Desa bersih narkoba merupakan salah satu bukti komitmen serius dari pemerintah daerah dan pusat dalam memerangi Peredaran Narkoba.

“Tentunya harapan kita. dengan adanya acara Launching Desa Bersinar  dapat menghasilkan prestasi yang kreatif dan inovatif tetapi juga harus hidup bebas dari narkoba. Hidup 100 persen sadar sehat produktif dan bahagia tanpa narkoba,” tuturnya.

Dilain sisi, Darwis juga menuturkan bahwa sejatinya Bengkayang secara geografis menjadi daerah yang sangat rawan beredarnya narkoba. Terutama pintu masuk perbatasan yang saat ini masih belum resmi. Selain narkoba, Bengkayang juga menjadi sangat strategis keluar masuknya tindakan radikalisme, terorisme, sehingga butuh kerjasama semua pihak dalam memerangi hal tersebut.

“Jujur saya katakan, bahwa Kabupaten Bengkayang boleh dikatakan menjadi tempat-tempat strategis untuk keluar masuknya Radikalisme, Terorisme dan Narkoba, untuk itu kepada masyarakat ayo kita lawan bersama,” bebernya.

Lebih jauh, Darwis turut mengucapkan terima skasih kepada  BNNK yang telah mencanangkan desa Setia Budi menjadi Desa Bersinar bebas dari Narkoba.

Sebagai informasi, setelah meresmikan desa bersinar bebas dari narkoba, selanjutnya Bupati Bengkayang, dan Kepala BNNK kabupaten Bengkayang, Wakil Ketua DPRD kabupaten Bengkayang, Perwakilan dari Kapolres Bengkayang dan Perwakilan Dari Dandim Bengkayang melakukan penandatanganan Prasasti dan komitmen Bersama Desa Bersinar bersih dari Narkoba. (Sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!