Ribuan Jemaah Tumpah Hadiri Taushiyah Sang Ulama

TAUSHIYAH: Prof. Dr. Sayyid Muhammad Fadhil al Jilani menyampaikan taushiyah di Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Tablig Akbar Bersama Sayyid Muhammad Fadhil al-Jilani

SUKADANA – Ribuan jemaah menghadiri Tablig Akbar Gema Muharram 1441 H bersama Maulana Assyarif Assyeikh Prof. Dr. Sayyid Muhammad Fadhil al-Jilani Al-Hasani Al-Huseini Hafizahullah. Tablig akbar tersebut berlangsung di Masjid Agung Oesman Al Khair Sukadana, Senin (9/9) malam.

Tablig akbar tersebut dihadiri Bupati Kayong Utara Citra Duani, Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, para asisten hingga sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kayong Utara. Sedangkan, Sayyid Muhammad Fadhil tiba dengan didampingi Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Al Jailaniyyah Al Mubarokah, Assyeikh KH. Muhammad Ansori Al Qodiri dari Madiun, Abuya KH. Abdullah Munif dari Pasuruan yang juga merupakan murid dari Abuya Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki Makkah, serta Ustaz Ali Syahbana yang merupakan mutarjimnya Sayyid Muhammad Fadhil al Jilani.

Bupati Citra Duani mengapresiasi terselenggaranya kegiatan yang dihelat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Majelis Taklim Yasin Fadhilah. Ia selaku kepala daerah dan mewakili seluruh masyarakat Kayong Utara mengucapkan selamat datang kepada ulama yang merupakan cicit ke-25 dari Sulthonul Aulia Syeikh Abdul Qodir al-Jilani.

“Masyarakat Kayong Utara yang lebih 90 persen umat muslim sangat berbahagia atas kehadiran Syeikh Muhammad Fadhil al-Jilani dari negara Turki. Semoga dengan hadirnya ulama sekaligus cicit dari Sulthonul Aulia Syeikh Abdul Qodir al Jilani membawa keberkahan bagi Kabupaten Kayong Utara,” harapnya.

Bupati mengisahkan kalau Kayong Utara merupakan daerah pertama tersebarnya Islam di bumi Kalbar. Karenanya, ia pun berharap kelak Kayong Utara menjadi pusat peradaban Islam di Kalbar.

Acara dimulai dengan salat Isya berjemaah. Usai salat, Ustaz Fahri Husaini dan Abuya Ahmad Madani memimpin pembacaan Yasin Fadhilah dan selawat Mahallulqiyam.

Di acara itu, Bupati dan Wakil Bupati Effendi Ahmad serta Ketua PHBI Nazril Hijar dikenakan rompi sebagai jemaah kehormatan Majelis Taklim Yasin Fadhilah Kayong Utara. Rompi diserahkan langsung Sayyid Muhammad Fadhil al Jilani. Majelis Taklim Yasin Fadhilah juga menerima hibah tanah untuk Pondok Pesantren dari Desa Simpang Tiga yang penyerahan secara simbolis diserahkan Kepala Desa Simpang Tiga Rajali kepada Pengasuh Yasin Fadhilah, Syeikh Muhammad Abdul Quddus. Penyerahan hibah tersebut disaksikan Bupati Kayong Utara dan ribuan jemaah.

Di acara itu juga, Mursyid Thoriqoh Qodiriyah Al Jailaniyya Al Mubarokah, Assyeikh KH Muhammad Ansori Al Qodiri memberikan ijazah dan Zikir Hadrah Qodiriyyah kepada jemaah yang hadir.

Sementara dalam taushiyahnya, Sayyid Muhammad Fadhil al-Jilani berkisah tentang keistimewaan Syeikh Abdul Qodir al-Jilani yang merupakan leluhurnya. Di antara keistimewaan yang dimaksud dia yakni tidak pernah berbohong. Bahkan, dia mengungkapkan bahwa Abdul Qodir Jilani dilahirkan dari seorang ibu yang luar biasa. Satu di antaranya, diungkapkan dia, ketika memberikan ASI kepada putranya selalu diawali dengan wudu. “Bahkan, pernah suatu ketika ibunya tidak ambil wudu, dan Syeikh Abdul Qodir yang masih bayi tidak mau menyusu,” kata Sayyid Fadhil melalui mutarjimnya Ustaz Ali Syahbana dan Abuya Ahmad Madani.

Di akhir acara, Bupati juga memberikan cenderamata kepada Sayyid Muhammad Fadhil. Sementara Sayyid Muhammad Fadhil pun memberikan kitab untuk Bupati dan Wakil Bupati.

Sayyid Muhammad Fadhil datang ke Kayong Utara disambut Wakil Bupati (Wabup) Effendi Ahmad di Bandara Rahasia Oesman Ketapang. Dari Ketapang, Wabup dan Sayyid Fadhil dan rombongan langsung menuju Pendopo Bupati Kayong Utara. Sayyid Fadhil sempat beristirahat satu malam di rumah dinas di Pendopo yang kemudian melanjutkan Tablig Akbar di Masjid Agung Al Ikhlas di Ketapang. (dan)

Read Previous

Pahami Tugas-Fungsi Badan Pemadam Kebakaran

Read Next

Gabsis Juara 2 Piala Soeratin U22

Tinggalkan Balasan

Most Popular