Ribuan Masker Dibagikan Saat Vaksinasi

Antusias: Warga yang ikut vaksin di Halaman Vihara Tridharma Bumiraya Pemangkat mendapatkan Susu dan Masker. Diharapkan setelah suntik vaksin, warga tetap kenakan masker jika beraktivitas.Istimewa

SAMBAS – Belasan ribu masker diberikan kepada warga yang sudah disuntik saat vaksinasi massal yang dilaksanakan di Halaman Vihara Tridharma Bumi Raya Pemangkat, Senin (20/9). Diharapkan, meski sudah menerima vaksin tetap patuhi prokes diantaranya mengenakan masker.

Tridharma Pemangkat kembali melaksanakan vaksinasi massal 1370 dosis jenis vaksin moderna dan Astrazeneca di halaman Vihara Tridharma Bumi Raya Pemangkat, dengan dua tim vaksinator, yakni Puskesmas Pemangkat untuk vaksin moderna dosis ke-2 sebanyak 800 dosis dan vaksin jenis astrazeneca dosis 1 sebanyak 200 dosis. Kemudian tim vaksinator dari Puskesmas Sebangkau untuk vaksin astrazeneca dosis 2 sebanyak 370 dosis.

Ketua Tridharma Pemangkat, Cin Cung Alias Atonk menyebutkan vaksinasi massal yang digelar pada Senin, merupakan kali kelima. Ini menjadi bagian kepedulian bersama dalam mendukung program nasional percepatan pencapaian herd immunity. “Kali ini, adalah vaksinasi yang kami laksanakan kali kelima, dan ke depannya mudah-mudahan kami bisa kembali melaksanakan vaksinasi massal yang memang menjadi program nasional,” kata Atonk, ditengah kesibukannya mengatur warga yang ikut divaksin. Rencananya, pihaknya saat ini akan mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi kepada pelajar.

Selain menurunkan dua tim vaksinator yakni dari Puskesmas Pemangkat dan Sebangkau. Pihaknya juga didukung TNI Polri, serta yayasan sosial Kami Peduli, yang dalam kesempatan itu membagikan susu segar. Kemudian dari Yayasan Macan Kota dan donatur lainnya yang berpartisipasi membagikan ribuan masker, yang dikemas dalam satu bungkus berisikan sepuluh masker dewasa dan masker khusus anak-anak. “Setelah divaksin, kami juga membagikan susu segar kepada warga. Kemudian ada juga masker, yang diharapkan setelah divaksin masyarakat tetap mematuhi prokes, diantaranya mengenakan masker jika beraktivitas di luar rumah atau bertemu dengan orang lain,” katanya.

Kepala Puskesmas Pemangkat, Hj Farida mengatakan pihaknya menurunkan sebanyak 35 personil sebagai tim vaksinator. Bahkan di kesempatan itu, pihaknya juga menanyai peserta vaksin dengan jenis moderna yang sudah ikut dosis pertama. Ditanya mengenai angka capaian vaksinasi di Kecamatan Pemangkat. Hj Farida mengatakan sampai saat ini sudah kurang lebih 17 ribu sasaran vaksin. “Kami juga sudah kroscek, hingga sekarang capaian Kecamatan Pemangkat tertinggi dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Sambas,” katanya.

Kepala Puskesmas Sebangkau, dr Rudi menyebutkan hal sama. Pihaknya menurunkan sekitar 20 personil saat vaksinasi massal di halaman Tridharma Pemangkat. Diharapkan, dengan pelaksanaan kegiatan ini meningkatkan capaian vaksinasi di Pemangkat, khususnya di Sebangkau. “Alhamdulillah, dari sasaran 6 ribu orang di Puskesmas Sebangkau, sudah sekitar 2 ribuan menerima vaksin,” katanya.(fah)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!