Ribuan Warga Ikut Upacara dan Pawai Budaya

MERAH PUTIH: Bupati menyerahkan Sang Merah Putih kepada petugas Paskibra.

Perayaan HUT RI ke-74 di Mempawah Meriah

MEMPAWAH – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kabupaten Mempawah berlangsung hikmad dan meriah. Dipimpin oleh Bupati Mempawah, Hj Erlina SH MH, peringatan ditandai dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Sabtu (17/8) pagi. Upacara diikuti ribuan peserta.
Pada perayaan HUT RI ke-74 ini, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar sejumlah kegiatan. Tidak hanya kegiatan seremonial seperti pengukuhan Anggota Paskibra, Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Putra Bangsa hingga upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Mempawah, melainkan juga acara lomba hingga pawai budaya yang melibatkan ribuan elemen masyarakat.

Dimulai dengan pengukuhan 29 Anggota Paskibra Kabupaten Mempawah yang berlangsung pada Kamis (15/8) malam di Aula Kantor Bupati Mempawah. Pengukuhan berlangsung hikmad dipimpin Bupati, Hj Erlina dan dihadiri sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kemudian Pemerintah Kabupaten Mempawah juga melangsungkan renungan suci di TMP Putra Bangsa pada Jumat (16/8) tengah malam yang diikuti ratusan peserta. Mulai dari pejabat SKPD, Muspida hingga Pakibra Kabupaten Mempawah.
Puncaknya, peringatan HUT RI ke-74 dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Mempawah. Rombongan Bupati, Hj Erlina, Wakil Bupati, H Muhammad Pagi beserta jajaran pejabat lainnya tiba dilokasi upacara sekitar pukul 09.25 WIB untuk memimpin pelaksanaan detik-detik kemerdekaan.

BERTUGAS: Paskibra yang bertugas mengibarkan Sang Merah Putih di halaman Kantor Bupati Mempawah.

Setelah mempersiapkan barisan peserta upacara bendera yang dihadiri sekitar seribuan orang dari kalangan PNS, TNI/Polri, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan hingga pelajar di Kota Mempawah itu, rauangan sirine pun dibunyikan menandai peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 74 tahun silam.
Dalam momentum itu, Ketua DPRD Kabupaten Mempawah, Safruddin A SP diberikan kesempatan untuk membacakan teks proklamasi. Dengan nada lantang dan penuh semangat, Legislator Partai Golkar ini mengingatkan kembali ikrar kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang.

Setelah itu, Bupati, Hj Erlina memimpin peserta upacara untuk mengheningkan cipta guna mengingatkan kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan. Suasana pun hening dan khusuk meski dibawah terik matahari di langit Kota Mempawah.

Acara puncak yakni pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra Kabupaten Mempawah yang dikawal masing-masing 1 pleton TNI dan Polri. Derap langkah Paskibra membuat decak kagum peserta upacara. Setelah membentuk formasi baris berbaris, pasukan inti Paskibra menuju mimbar utama inspektur upacara untuk menerima bendera merah putih. Dengan lancar dan penuh keyakinan, petugas Paksibra Kabupaten Mempawah sukses menjalankan tugasnya mengibarkan Sang Merah Putih.

Usai memimpin upacara bendera, Bupati, Hj Erlina beserta rombongan Muspida bertolak menuju ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Mempawah. Secara simbolis, Erlina menyerahkan surat remisi kepada sejumlah narapidana yang telah ditetapkan mendapatkan hadiah kebebasan pada hari Kemerdekaan itu.

Pada siang harinya, Bupati, Hj Erlina berkesempatan melepas kegiatan kirab pawai budaya yang diikuti 900 peserta dari 33 komunitas. Kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan Disdikporapar itu mengambil lokasi start dari Rumah Dinas Bupati dan finish di Halaman Kantor Bupati Mempawah.

Terakhir, rangkaian acara peringatan HUT RI ke-74 di tutup dengan malam ramah tamah di Aula Kantor Bupati Mempawah. Bupati, beserta sejumlah pejabat daerah hadir dan saling bercengkarama dalam momentum tahunan itu.(*)

Read Previous

Deja vu dan Aturan Baru

Read Next

Rasa Nasionalisme Sudah Mulai Luntur?

Tinggalkan Balasan

Most Popular