Risoles Beragam Topping Lezat

SMOKED BEEF

RISOLES, makanan satu ini tidak asing lagi di Indonesia. Banyak dari masyarakat yang membuat makanan enak ini dengan ragam isian yang tentu menggiurkan dan menggoyang lidah penikmatnya.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Risoles menjadi salah satu camilan asin favorit semua kalangan, baik anak-anak, muda maupun tua. Camilan ini nikmat disantap sebagai teman minum teh. Meski dicintai dan kerap menjadi camilan masyarakat Indonesia, ternyata risoles berasal dari Bahasa Belanda yang artinya pastri berisi daging.

Kebanyakan isian risoles terdiri dari daging cincang dan sayuran, baik itu kentang, wortel dan buncis yang dibungkus dadar, digoreng di dalam minyak panas. Tentunya setelah dibungkus, risoles dilapisi dengan tepung panir dan kocokan telur ayam. Lapisan tepung panir membuat risoles jadi semakin renyah saat dinikmati.

Di Indonesia, dikenal dua jenis risoles, yakni risoles sayuran bercampur daging tumis dan risoles berisi ragout, berbentuk kental dan seperti pasta.

Berbicara tentang bentuk, risoles terkenal dengan bentuk persegi panjang seperti halnya amplop. Tak heran jika risoles sangat mengenyangkan.

Setiap daerah pasti memiliki risoles yang istimewa, termasuk di Pontianak. Soolaris (@soolaris.id) salah satu gerai makanan yang menyajikan risoles.

Identik dengan isian daging, Soolaris justru menyajikan risoles beragam topping, yakni original chicken, spicy chicken, smoed beef, chicken mozarela dan smoked salmon.

Ari Faisal, Owner Soolaris mengatakan ia dan sang istri, Putri, sengaja membuat ragam topping agar tidak membosankan bagi penikmat risoles di Pontianak.

“Untuk isian tetap menggunakan kentang, wortel, kornet, bawang Bombay, daun bawang, daun sop. Topping saja dibedakan,” kata Ari.

Selain terdiri dari topping varian yang bisa dipilih, Soolaris juga memiliki keistimewaan yang berbeda dari risoles umumnya. Mulai dari tekstur, ukuran dan cita rasa.

Risoles ini terlihat lebih besar dibandingkan risoles umumnya. Tekstur kulitnya juga lembut. Gurih dan creamy susu sangat terasa di setiap gigitan.

Isian lebih padat, sehingga lebih nikmat dan mengenyangkan. Sangat cocok untuk ‘soolovers’ (sebutan bagi penikmat risoles Soolaris) yang ingin kenyang tanpa makan nasi.**

SMOKED BEEF
SMOKED SALMON

CHICKEN MOZARELLA
SPICY CHICKEN
error: Content is protected !!