Roadshow Konservasi dan Penyelamatan Orangutan

ROADSHOW : Salah satu perwakilan tim roadshow konservasi di kawasan TNGP menyampaikan materi tentang konservasi, beberapa waktu lalu.

SUKADANA – Yayasan Palung (YP) dan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) menggelar roadshow di dua desa di Kabupaten Kayong Utara pada 14-15 Juli lalu. Hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat jejaring dengan para pihak untuk penyelamatan orangutan di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendukung kegiatan konservasi.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Penjalaan dan Desa Riam Berasap Jaya. Pada hari pertama rangkaian kegiatan roadshow dilaksanakan di Dusun Rangkap, Desa Penjalaan. Pada hari berikutnya kegiatan dilanjutkan di Desa Riam Berasap Jaya. Kegiatan ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama antara Yayasan Palung dengan Balai Taman Nasional Gunung Palung. Dalam kegiatan roadshow ini juga mengundang BKSDA Kalimantan Barat (SKW I Ketapang) dan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI).

Pada serangkaian roadshow tersebut beberapa materi sosialisasi disampaikan oleh beberapa pemateri. Di antaranya dari Taman Nasional Gunung Palung yang menyampaikan pentingnya menjaga habitat orangutan di kawasan TNGP. Kemudian dari Yayasan Palung yang menyampaikan tentang orangutan dan makanannya. Sementara interaksi manusia dan orangutan disampaikan oleh YIARI, dan regulasi satwa liar disampaikan oleh BKSDA.

Materi tersebut disampaikan kepada sekitar 20 orang perwakilan masyarat yang ada di masing-masing desa tersebut. Selain penyampaian materi, juga dilakukan pemasangan baliho kampanye tentang satwa liar dilindungi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Manager Animal and Habitat Protection Yayasan Palung, Erik Sulidra, mengatakan roadshow ini selain bertujuan untuk menambah pengetahuan dan kesadaran orang tentang orangutan sebagai satwa dilindungi, juga sebagai usaha untuk menambah jejaring penyelamatan orangutan dan satwa liar dilindungi lainnya. (afi)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!