Robo-Robo Kuala Mempawah Dimulai 9 Oktober

robo robo

PERSIAPAN ROBO-ROBO: Panitia mempersiapkan lapak-lapak pedagang di arena robo-robo

Undang Masyarakat Makan Tambol

MEMPAWAH– Memeriahkan event budaya robo-robo 2019 di Kuala Mempawah, panitia lokal telah mempersiapkan berbagai kegiatan. Rencananya, rangkaian acara dimulai pada tanggal 9 Oktober nanti. Ditandai dengan makan tambol dilokasi acara robo-robo di Komplek Pelabuhan Kuala Mempawah.

“Untuk rangkaian acara robo-robo 2019 ini kami mulai pada tanggal 9 Oktober-9 November mendatang,” ungkap Ketua Panitia Lokal Robo-Robo Kuala Mempawah, Mohlis Saka kepada Pontianak Post, Minggu (6/10) sore.

Pada pembukaan acara tersebut, Mohlis menjelaskan, pihaknya akan menggelar acara makan tambol bersama disepanjang jalan Komplek Pelabuhan Kuala Mempawah yang menjadi lokasi pelaksanaan acara robo-robo Kuala Mempawah. “Kami mengundang seluruh elemen masyarakat untuk datang dan makan tambol bersama. Kami sudah mempersiapkan ribuan kue tradisional. Juga dirangkaikan dengan pembacaan doa tolak bala yang dipimpin pemuka agama,” ujarnya.

Masih dalam rangkaian pembukaan acara robo-robo, Mohlis mengatakan, panitia akan menggelar ziarah ke makam-makam tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kabupaten Mempawah. Misalnya Makam Keramat Kepiting, Makam Habib Husein hingga Opu Daeng Menambon. “Mengingat robo-robo ini sebagai napak tilas datangnya Opu Daeng Menambon dan beridirinya Kota Mempawah, maka kita wajib berziarah ke makam-makam pendahulu sebagia bentuk penghormatan,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut Mohlis, pada malam harinya akan dilaksanakan seremonial pembukaan dengan mengundang para pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Panitia juga menampilkan hiburan musik tradisional hadrah. “Sejak dibuka tanggal 9 Oktober, maka rangkaian acara event budaya robo-robo 2019 resmi dimulai. Para pedagang pun sudah bisa menggelar lapak-lapak jualannya di arena robo-robo,” terang Mohlis.

Lebih jauh, Mohlis mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panitia Kabupaten Mempawah dan Kerajaan Mempawah dalam menyusun rangkaian acara robo-robo Kuala Mempawah 2019. Berbagai acara hiburan baik yang bersifat seni budaya hingga hiburan rakyat sudah dipersiapkan. “Insya Allah setiap pekan akan diisi dengan berbagai acara yang sifatnya menonjolkan seni budaya kearifan lokal dan edukatif. Kita ingin memberikan kesan yang berbeda dalam penyelenggaraan robo-robo 2019 ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tegas Mohlis.(wah)

Read Previous

Berikan Sanksi Bila LPG Jual ke Spekulan

Read Next

LSK Pontianak Latih Kemampuan Jurnalistik Pelajar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *