Robot Bisa Membantu Manusia Menunjang Kreativitas

robotika
ROBOTIK : Siswa SDIT Al Mumtaz Pontianak melihat rancangan robot di Laboratorium Kendali Digital dan Komputasi, Fakultas Teknik Untan, Rabu (30/10). MARSITA RIANDINI/PONTIANAKPOST

Mengenal Kemajuan Dunia Teknologi Robotika

Laboratorium Kendali Digital dan Komputasi, sebuah laboratorium robotik di Fakultas Teknik, Untan memperkenalkan robot ke dunia anak. Dunia pendidikan berbasis teknologi ini menggunakan robotik sebagai media pembelajaran. Rabu (30/10), laboratorium ini mendapat kunjungan dari puluhan siswa SDIT Al Mumtaz.

MARSITA RIANDINI, Pontianak

KEHADIRAN robot di era digital semakin akrab di tengah masyarakat. Mahasiswa Teknik yang tergabung dalam Laboratorium Kendali Digital dan Komputasi menuangkan idenya dengan menciptakan ragam robot. Tak sekadar laporan akhir kuliah, robot yang diciptakan memiliki manfaat bagi aktivitas kehidupan.

Siswa SDIT Al Mumtaz Pontianak diperkenalkan dengan kehadiran dan fungsi drone. Pesawat tanpa awak itu mulai mewarnai dunia robotik Indonesia. Salah satu fungsinya merekam ragam kegiatan. Siswa kembali terkagum-kagum melihat robot yang bisa digunakan untuk bermain bola. Uniknya robot ini bisa diprogram sebagai penyerang, atau pun kipar dalam pertandingan kesebelasan itu.

“Robot ini bisa mengejar bola. Melalui sensor mengenal warna bola yang telah diprogram,” kata Ferry Hadari dihadapan siswa.

Dibantu mahasiswa Fakultas Teknik, Ferry memperkenalkan rancangan robot yang seperti mobil melintasi sirkuit. Robot berjalan mengikuti jalur garis yang telah dibuat. Mata siswa terus menatap menyaksikan kecanggihan robot itu.

Siswa semakin antusias, saat Ferry memperkenalkan sistem pengendali lampu jarak jauh berbasis internet of things (IoT). Siswa dibuat penasaran. Telepon pintar itu menjadi pengganti saklar. Bermodalkan wifi, lampu dapat dinyalakan dan dimatikan dari jarak jauh. Bahkan bisa digunakan saat di luar kota. Siswa pun kagum dengan keunikan rancangan tersebut, dan tertarik untuk mencoba.

Ferry mengatakan, memperkenalkan teknologi sejak dini kepada anak sangat penting, ditengah kemajuan era digitalisasi. Anak tidak hanya menjadi penonton, tetapi kelak bisa termotivasi menciptakan karya-karya menarik, yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “Memori anak itu terekam, dan mendapatkan wawasan tentang dunia perobotan,” kata dia.

Robot memiliki kemampuan melatih kreativitas dan daya imajinasi anak. Merakit robot, anak diperkenalkan terhadap struktur warna dan bentuk. Kegiatan ini bisa melatih motorik halus, serta koordinasi mata dan tangan. Pelajaran robotik dapat disesuaikan dengan usia anak. Semakin dini usianya, pendekatan yang digunakan semakin sederhana, “Bahkan ada anak SMP, kami ajarkan merakit robot. Kami dampingi,” kata Ferry.

Robot tak selalu berbentuk karakter seperti di film star wars, iron man, atau pun transfomers. Robot dapat dirancang dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Robot merupakan peralatan manipulator yang mampu diprogram, mempunyai berbagai fungsi, yang dirancang untuk memindahkan barang, komponen-komponen, peralatan, atau alat-alat khusus, melalui berbagai gerakan terprogram untuk pelaksanaan berbagai pekerjaan.

Ferry mengatakan, hendaknya tidak mengartikan robot menjadi sesuatu yang rumit. Ada berbagai bentuk robot sederhana yang diciptakan untuk membantu manusia. Dibuat dengan perakitan yang mudah. “Contoh sederhana robot tempat sampah. Ketika anak membuang sampah, si robot akan bilang terima kasih, xie-xie. Ini kan sederhana, dan menarik bagi anak,” kata dia.

Robotika merupakan bidang dinamis yang perkembangannya sangat maju pesat. Ferry tidak setuju jika robot dianggap dapat mematikan sumber daya manusia. Sebaliknya, kehadiran robot dapat bermanfaat bagi manusia, terutama dalam menunjang kreativitasnya. Di balik kecanggihan sebuah robot, juga memiliki sisi kelemahannya. Robot mesti dirawat, sensitif dan bisa rusak.

“Robot itu sangat membantu, misalnya untuk masuk ke gedung yang masih banyak reruntuhan, tentu kalau manusia ini sangat berbahaya. Maka digunakan bantuan robot,” pungkasnya.(*)