Ronaldo Ukir Gol ke-100 Untuk Portugal

Cetak Gol : Pemain Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol di laga Nations League melawan Swedia di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Rabu dini hari (9/9).  News Agency/Janerik Henriksson via REUTERS

STOCKHOLM ,-Megabintang Cristiano Ronaldo memborong dua gol ketika membantu tim nasiona Portugal mempecundangi tuan rumah Swedia 2-0 dalam laga lanjutan UEFA Nations League Divisi A Grup 3 (A3) di Stadion Friends Arena, Stockholm, Rabu dini hari kemarin (9/9).

Hasil itu mengantarkan Portugal mantap di di puncak klasemen Grup A3 dengan koleksi enam poin penuh, unggul selisih gol dibandingkan Prancis yang dalam laga lain juga menang melawan Kroasia.

Sedangkan Swedia tak beranjak dari posisi ketiga berkat keunggulan selisih gol dibandingkan Kroasia, meski sama-sama belum punya poin, demikian catatan laman remi UEFA.Melewatkan laga pertama kontra Denmark karena kakinya tersengat lebah, Ronaldo agaknya tak sabar untuk melampaui capaian 100 gol bersama Portugal.

Namun, upaya bagus pertamanya setelah menerima umpan sepak pojok Bruno Fernandes masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Robin Olsen menggunakan kakinya.
Olsen kembali menggagalkan peluang Ronaldo pada menit ke-40 ketika ia berusaha menyelesaikan umpan terobosan Fernandes dengan tembakan sudut sempit.

Petaka bagi tuan rumah terjadi semenit jelang bubaran normal babak pertama, ketika Gustav Svensson menjatuhkan Joao Moutinho tak jauh dari kotak penalti yang membuatnya diusir wasit Danny Makkelie karena sudah menerima dua kartu kuning.

Peluang tendangan bebas itu dihadapi oleh Ronaldo yang melepaskan sepakan melengkung dan keras melewati pagar hidup untuk menghujamkan bola ke pojok tiang jauh. Ronaldo membawa Portugal unggul lewat gol internasional ke-100.

Portugal yang terus mengendalikan permainan dalam situasi ketimpangan jumlah pemain banyak membuang peluang mereka, yang berusaha mereka konversi lewat sepakan jarak jauh.

Baru pada menit ke-72, Portugal menggandakan keunggulan mereka lewat gol kedua Ronaldo di laga itu sekaligus ke-101 dalam karier internasionalnya.Ronaldo menerima umpan dari Joao Felix sebelum melakukan tusukan dan melepaskan penyelesaian melengkung ke area tiang jauh lagi yang kembali tak mampu diantisipasi Olsen.

Felix berusaha keras untuk ikut mencatatkan namanya di daftar pencetak gol tetapi peluang terbaiknya dalam situasi serangan balik berlalu ketika ia gagal menyontek umpan tarik matang kiriman Diogo Jota.

Pun demikian, Portugal tetap menang 2-0 dan tampak percaya diri untuk mempertahankan gelar juara Nations League yang mereka raih dua tahun lalu.Cristiano Ronaldo mengungkapkan kegembiraannya setelah berhasil menorehkan gol ke-100 dan 101 untuk timnas Portugal melalui media sosial pada Rabu (09/9).

Ronaldo mencetak dua gol melawan Swedia dalam kemenangan tandang 2-0 di pertandingan UEFA Nations League.Ia mencetak dua gol tersebut di Stadion Stockholm yang sama ketika ia mencetak trigol pada kualifikasi Piala Dunia 2014.Kini penyerang berusia 35 tahun tersebut sudah mengincar rekor gol internasional terbanyak yang masih dipegang oleh pemain Iran, Ali Daei dengan catatan 109 gol.”Kebanggaan besar atas gol bersejarah ini untuk tim nasional kami!” tulis Ronaldo di akun Instagram-nya usai pertandingan yang dikutip Goal.

“Ketika mereka memberi tahu saya bahwa saya bisa mencapai 100 (gol), saya katakan itu tidak cukup … 101 gol untuk Portugal.Saya sangat bahagia. Pertama, karena tim menang, yang merupakan tujuan kami. Kemudian angka 100 dan kemudian 101, dengan dua gol, membuat saya sangat bahagia,” paparnya.

“Sekarang masa depan hanya untuk Tuhan. Saya merasa baik, saya merasa senang bermain dengan para pemain muda ini.Bermain tanpa penggemar seperti pergi ke sirkus dan tidak melihat badut,” ujar pemain Juventus tersebut. “Ini seperti pergi ke taman dan tidak melihat bunga,”tambah Ronaldo.

Portugal sekarang telah memenangkan kedua pertandingan Nations League mereka dan duduk di puncak grup tiga di liga A dengan keunggulan selisih gol atas Prancis, yang juga dua kali menang dari dua pertandingan.

Dengan gol ke-101nya itu ,ia kini butuh delapan gol lagi untuk menyamai rekor 109 gol internasional milik mantan penyerang timnas Iran Ali Daei.Portugal dan Prancis dijadwalkan akan saling berhadapan di Paris pada 11 Oktober waktu setempat.(ant)

error: Content is protected !!