RS Kharitas Hentikan Operasional Sementara

RS Kharitas Bhakti di Jalan Siam. foto dokumentasi Shando Safela

PONTIANAK- Rumah Sakit Kharitas Bhakti telah telah mengambil sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona pasca ditemukannya pasien positif Covid-19 yang sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit tersebut.

Direktur Rumah Sakit Kharitas Bhakti drg. Krisna Karhianto mengatakan, pihaknya telah melakukan desinfektasi dan sterilisasi ruangan tempat pasien tersebut dirawat. Langkah ini diambil, kata Krisna, sesuai dengan arahan Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

“Sejak pasien itu dirujuk ke rumah sakit lain, kami, dari pihak rumah sakit Kharitas Bhakti telah melakukan desinfektasi ruangan tempat pasien itu dirawat. Jadi seluruh ruang dan lantai, khususnya lantai lima, sudah kami isolasi dan sterilisasi,” katanya kepada Pontianak Post, Minggu (15/3) malam.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga sudah merumahkan karyawan, khususnya dokter dan perawat yang mengalami kontak langsung dengan pasien tersebut.

Menurutnya, pasien positif corona tersebut masuk ke Rumah Sakit Kharitas Bhakti sejak tanggal 4 Maret 2020, dengan keluhan demam dan sakit perut. Setelah menjalani perawatan selama satu pekan, kondisi pasien semakin buruk. Pihak Rumah Sakit Kharitas Bhakti akhirnya memutuskan untuk merujuk pasien itu ke rumah sakit lain, yakni RSUD dr Soedarso yang memiliki peralatan lebih lengkap.

“Kami tidak mengetahui, jika pasien itu terinveksi virus corona. Karena keluhan awal adalah demam dan sakit perut. Bahkan pasien juga menyangkal jika batuk dan pilek, sehingga kami lakukan perawatan. Namun kondisinya terus memburuk. Sehingga kami rujuk ke rumah sakit Soedarso yang lebih lengkap peralatannya,” bebernya.

Selanjutnya, kata Krisna, pihaknya akan menghentikan operasional rumah sakit sementara waktu, untuk mempercepat proses sterilisasi tolal rumah sakit tersebut. Sekaligus memutus rantai penyebaran virus corona lebih luas lagi.

“Untuk itu, berdasarkan hasil rapat yayasan, malam ini memutuskan untuk menghentikan operasional. Tujuannya agar bisa mensteriliasi rumah sakit secara optimal, serta menjamin mutu dan keselamatan pasien, pekerja, pengunjung maupun masyarakat di sekitar rumah sakit,” lanjutnya.

“Jika sudah kami lakukan sterilisasi, maka kami akan informasikan, kapan rumah sakit ini beroperasi kembali,” sambungnya.
Sementara pasien yang masih ada di dalam rumah sakit, lanjut Krisna, pihaknya akan merujuk ke rumah sakit lain.

“Untuk pasien yang saat ini masih ada, kami akan upayakan yang terbaik. Langkah yang akan kami ambil adalah merujuk ke rumah sakit lain. Ini demi kebaikan bersama, agar proses sterilisasi total bisa dilakukan,” pungkasnya. (arf)

Read Previous

Midji: Boleh Pegi tapi Jangan Balek!

Read Next

32 Tenaga Medis RS Kharitas Dirumahkan



11 Comments

  • Waduh… kalau di pindahkan ke rmh sakit lain entar menyebar lagi ke orang lain. Bagusnya di pindahkan ke ruangan isolasi khusus saja. Jgn di rujuk ke rmh sakit lain lagi bahaya.

  • bikin hal aja yg kena corona tuh, RS jadi tidak dapat beroperasi..
    jgn bohong gejala2 lah, uda tau dr luar negeri, kena corona klo cpt di atasi kan ga ribet bgt.. ini malah mau nyebarin2 ke org..

  • Sebaiknya pasien menyampaikan berita riwayat kesehatannya dgn benar,kasihan nasib dokter,perawat,bahkan pasien2 lainnya.Mrk juga punya klg yg bisa jd korban berikutnya dan menyebarkan ke org lainnya. Satu pasien covid disitu bs menular dlm dan luar rmh sakit.

  • Bisa gx ya, data yg orang ikut penerbangan ke luar negeri di sinkronkan k rmah sakit negeri maupun swasta. Jadi kan pihak rmah sakit bisa waspada sebelum menerima pasien?

  • WONDERFUL Post.thanks for share..more wait .. 😉 ?

  • I was very pleased to find this web-site.I wanted to thanks for your time for this wonderful read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  • An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post!

  • I for all time emailed this website post page to all my friends,
    because if like to read it then my contacts will
    too.

  • Your place is valueble for me. Thanks!?

  • Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

  • “This site was… how do you say it? Relevant!! Finally I’ve found something that helped me. Cheers!”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *