Ruang Karaoke Terbakar, Asap Tebal Hambat Pemadaman

SHANDO SAFELA/PONTIANAK POST

PONTIANAK – Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api di gedung Karaoke Rain Luxury Club, di Jalan Perdana, Kecamatan Pontianak Selatan, Jumat (28/2). Sekretaris Forum Komunikasi Kebakaran Kota Pontianak Eddy Zulkarnaen menuturkan, informasi kebakaran di Rain Luxury Club diterima pada pukul 16.30. Laporan itu langsung ditindaklanjuti petugas dengan mengerahkan belasan mobil damkar.

Saat menjinakkan api petugas mengalami kesulitan karena ruangan gedung bersekat-sekat. Akibatnya asal titik api sulit ditemukan. Selain itu, kepulan asap pekat membuat para petugas kesulitan memasuki lokasi. Mereka  harus menggunakan alat pernapasan yang jumlahnya terbatas. “Petugas juga kekurangan air sehingga memperlambat proses pemadaman,” ujarnya.

Setelah berjibaku selama beberapa jam, petugas akhirnya bisa memadamkan api. Namun pada malam hari, asap kembali mengepul. Untungnya, beberapa petugas damkar masih di lokasi kejadian. Sehingga upaya pemadaman bisa dilakukan cepat dan dipastikan titik api sudah benar-benar padam pada pukul 21.30. “Sekarang petugas damkar sudah kembali ke pos masing-masing,” kata Eddy, Jumat (28/2) malam.

Sementara itu, Kompol Anton Satriadi, Kapolsek Pontianak Selatan menjelaskan, kronologi kejadian kebakaran karoke Rain, diketahui pada pukul 16.30 WIB. Titik api diketahui berasal di lantai dua.

Dalam upaya pemadaman, selain penyiraman menggunakan penyemprot air, petugas juga masuk ke dalam gedung Rain. Setelah upaya tersebut dilakukan, dianggap api berhasil dipadamkan.

Dianggap aman, beberapa damkar memutuskan pulang. Namun ternyata prediksi petugas damkar salah. Pada malam harinya, api dan kepulan asap kembali muncul. Dua damkar yang masih stand by di sana akhirnya kembali melakukan upaya pemadaman. Tidak hanya itu, kawan damkar juga menghubungi damkar lain buat kembali datang ke sana dan apipun berhasil dijinakkan. “Saat ini kondisi sudah aman. Namun masih dalam tahap pendinginan,” kata Anton, tadi malam.

General Manager Rain Luxury Club, Iwan mengaku pihaknya akan menutup tempat hiburan ini dalam beberapa hari kedepan. Tujuannya untuk merenovasi ulang terhadap bangunan yang terbakar. “Kerugian saya rasa cukup lumayan. Karena kita cukup lengkap dengan alat sound. Tapi belum bisa ditafsir seberapa besar,” katanya.

Iwan mengatakan titik api pertama kali muncul di lantai 2 bangunan. Dugaan sementara, korsleting arus listrik. (iza)

loading...