Ruas Jalan Provinsi Segera Diperbaiki

ATUR LALU LINTAS: Anggota Satlantas Polres Kayong Utara saat mengatur arus lalu lintas di bagian jalan yang rusak parah pada salah satu ruas jalan milik Pemerintah Provinsi Kalbar. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

SUKADANA – Pengendara menyambut baik dengan akan dikerjakannya perbaikan ruas jalan Sukadana – Siduk dan Sukadana – Teluk Batang oleh Pemerintah Provinsi (Pemorov) Kalbar di Kabupaten Kayong Utara.  Perbaikan jalan tersebut diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas di sana.

Roni, satu di antara pengendara mengaku,  ketika akan melintasi ruas jalan Sukadana – Siduk,  atau Sukadana – Teluk Batang, terpaksa harus mengurangi laju kendaraan. Apa lagi, sambung dia,  saat pagi hari, cukup banyak truk bermuatan barang dari Kota Pontianak menuju Ketapang maupun Kayong Utara menggunakan jalur tersebut.

“Mudah-mudahanlah jalan ini cepat dibaguskan.  Capek dah dengan jalan rusak.  Tiap hari kami lewat jalan ini soalnya.  Kadang malas juga nak kemane-manengeliat jalan rusak.  Belum lagi truk yang ada kadang harus ngantri.  Takot tumbang,  kalau lewat jalan belubang,” katanya di Sukadana, Minggu (9/8).

Selanjutnya dirinya berharap kepada pemilik truk bermuatan agar dapat mengurangi muatan kendaraannya.  Sebab, melihat kondisi jalan saat ini, diakui dia, tidak memungkinkan.  Karena, menurut dia,  bisa saja kendaraan tersebut dapat membahayakan bagi kendaraan lain maupun pengendara itu sendiri.

“Kadang penoh-penoh saye liat truk dari Pontianak ni.  Entah ade dicek keh endak di Pontianak untuk batasan muatannyeNgerik-ngerik gak,  waktu betemu miring-miring truknya,” kisahnya.

Sementara,  Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kalbar, Sukri mengungkapkan, untuk perbaikan ruas jalan Provinsi di Sukadana – Siduk, saat ini dalam proses persiapan pengerjaan di lapangan. Sedangkan Sukadana – Teluk Batang, dikatakan dia, masih dalam proses tender ulang, karena tidak ada yang lulus.

“Sudah mulai persiapan, untuk ruas jalan Siduk – Sukadana. Untuk ruas Jalan Sukadana – Teluk Batang lagi proses tender ulang,  karena tidak ada yang lulus,” terangnya, kemarin.

Untuk anggaran dalam perbaikan jalan tersebut, disebutkan dia, totalnya mencapai Rp5,2 miliar.  Masing-masing, disebutkan dia, terdapat Rp2,6 milar.

“Sekitar 2,6 miliar (rupiah). (Jumlah) 2,6 M untuk ruas jalan Siduk (Desa Simpang Tiga) – Sukadana dan 2,6 milar lagi untuk Sukadana – Teluk Batang, totalnya jadi 5,2 milar (rupiah),” tutupnya.  (dan)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!