Rumah Layak Huni Kembali Diberikan pada Warga

BERIKAN BANTUAN: Bertempat di Desa Air Nyuruk, Kecamatan Ketungau Hilir, Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan bantuan rumah swadaya dan bantuan uang kepada masyarakat yang tidak mampu. HUMAS PEMKAB FOR PONTIANAK POST

SINTANG-Jarot Winarno kembali mengunjungi Kecamatan Ketungau Hilir, tepatnya Desa Air Nyuruk, kemarin. Dalam kunjungan kali ini, Bupati Sintang turut didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Sintang, Zulkarnain. Tentunya ini bukan kunjugan kerja yang biasa, karena Bupati dan Dinas Perumahan Rakyat turut membantu masyarakat yang tidak mampu dengan memberikan bantuan rumah swadaya.

Dihadapan masyarakat Desa Air Nyuruk yang tengah berkumpul di depan Balai Desa. Jarot mengatakan bahwa pembangunan atau bantuan rumah swadaya untuk warga miskin ini merupakan progam pemerintah untuk membantu warga miskin yang ada di setiap desa agar memiliki rumah yang layak huni.

“Program ini pada dasarnya sebagai pendorong bagi warga miskin agar dapat memperbaiki rumahnya yang rusak ,baik rusak ringan maupun rusak berat sehinga menjadi rumah layak huni,” ungkap Jarot.

Dengan bantuan seperti ini lanjut jarot, diharapkan kepada masyarakat secara bersama – sama bisa turut membantu dan bahu membahu dalam memperbaiki rumah warga miskin, baik dalam bentuk material bangunan, dana, tenaga dan lain sebagainya.

Dengan kata lain pembangunan atau bantuan rumah swadaya ini juga dapat menumbuhkan budaya gotong royong bagi warga Desa Air Nyuruk agar kembali kuat,” tutur Jarot.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Zulkarnain memaparkan kepada masyarakat bahwa bantuan rumah swadaya ini disesuaikan dengan kerusakan setiap rumah. Jika rusak ringan mendapat bantuan sebesar Rp 6 – 7,5 juta atau dengan sebutan bantuan peninkatan kualitas (PK). Sementara jika rumah rusak berat akan di berikan bantuan sebesar Rp 15 juta – 17 juta rupiah per unit atau disebut dengan pembangunan baru (PB)

“Bantuan rumah swadaya untuk Desa Air Nyuruk, Kecamatan Ketungau Hilir ini ada sebanyak 43 warga yang berhak menerima bantuan berbentuk material,” kata Zulkarnen.

Dalam kesempatan itu juga Zulkarnain mengatakan untuk Kecamatan Ketungau Hilir ini sudah ada beberapa desa yang sudah mendapatkan bantuan untuk rumah swadaya bagi warga miskin. Diantaranya Desa Kenuak sebanyak 42 warga, kemudian Desa Semareh sebanyak 62 warga, dan Desa Telaga, Kecamatan Binjai 45 warga. Alokasi anggaran untun bantuan ini dari pemerintah pusat dengan mengunakan dana DAK APIRMASI tahun 2019.

Menurut Zulkarnain menjelaskan bahwa tentu bantuan seperti ini tidak sembarangan dikucurkan dan harus melalui proses yang panjang dan sesuai dengan peruntukan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan dalam katagori miskin dan melalui data yang ada dari desa tersebut.

“Saya selaku Kepala Dinas Perumahan Rakyat juga atas nama Pemkab mengajak kita semua menjaga dan memelihara apa yang telah diberikan pemerintah kepada kita. Hhal ini menunjukan bukti nyata pemerintah hadir di tengah –tengah kita dalam penyedian hunian yang layak bagi masyarakat miskin yang diharapkan mampu meningkatakan kualitas hidup layak dan sehat,” tutupnya. (fds)

Read Previous

Fadhil Al-Jilani Bakal ke Kayong Utara

Read Next

Kemenangan Uji Tanding Terakhir Persipon Disaksikan Wali Kota

Tinggalkan Balasan

Most Popular