Rumah Pupuk Organik Ubah Kulit Durian jadi Pupuk

DEMO: Uppo Pontianak saat melakukan demo di acara Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 di halaman Ayani Megamall Pontianak, belum lama ini. ISTIMEWA

Upaya Kurangi Jumlah Volume Sampah Durian

Permasalahan sampah di Indonesia khususnya di Kota Pontianak masih menjadi hal yang perlu diperhatikan. Apalagi saat musum buah durian datang, volume sampah yang dihasilkan pun menjadi semakin meningkat.

RIESALA ANVAR, Pontianak

MENJADI penyumbang sampah terbanyak saat buahnya panen, dengan jumlah yang tidak sedikit, pada saat panen bersamaan membuat limbah durian menumpuk di tempat sampah. Menimbulkan bau yang tidak sedap, mengganggu kenyamanan orang yang melintas, hingga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Namun ternyata kulit durian dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik. Dalam acara Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019, beberapa waktu lalu, Rumah Pupuk Organik Pontianak melakukan demo pengolahan kulit durian menjadi pupuk organik, di Halaman Ayani Megamall Pontianak. Pengolahan kulit durian menjadi kompos pun bisa dilakukan sendiri di rumah.

“Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cacah kulit durian sehalus mungkin, biasanya pencacahan dilakukan dengan mesin, namun kita dapat mencacahnya sekecil mungkin dari pisau atau benda tajam lainnya,” ucap Juhari saat melakukan demo di Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019.

Ia melanjutkan, setelah itu, gelar hasil cacahan tersebut di sebuah wadah, lalu ditambahkan pupuk kandang dan kapur. Setelah dicampur, semprotkan bioaktivator yang sudah dicampur dengan air, aduk hingga merata dengan menggunakan cangkul dan diamkan sejenak. “Saat pembuatan pupuk tersebut, campuran limbah akan menjadi panas,” ucapnya.

Setelah itu, dia menjelaskan, baru dibungkus dan campuran limbah tersebut di dalam karung. Dia juga mengingatkan agar jangan lupa untuk setelah satu minggu sekali aduk dan semprotkan kembali bioaktivator, agar limbah durian tersebut cepat terurai menjadi pupuk organik.

“Kita sudah dapat menggunakan pupuk organik ini setelah pupuk tersebut tidak panas, kulit durian memang memiliki kemampuan untuk memupuk tanaman dengan baik. Jangan lupa untuk selalu menjaga suhu pupuk tersebut dengan suhu 45 derajat celsius,” pungkasnya. (*)

Read Previous

Lagi, Gadis Bawah Umur Dicabuli

Read Next

Aksi Simpatik Tolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular