Sajian Judes Menggoyang Lidah

BAGI pencinta makan makanan pedas, wajib hukumnya mencicipi sajian dengan cita rasa pedas. Rasa pedas yang berasal dari cabai, serta bahan masakan lainnya akan menjadikan sensasi luar biasa pada lidah.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Sudah menjadi hal yang wajib bagi orang Indonesia saat makan harus ditemani dengan sambal. Sensasi seru dan berkeringat saat menyantap makanan pedas akan membuat siapapun merasa ketagihan.

Kota Pontianak juga memiliki ragam kuliner bercita rasa pedas yang siap menggoyang lidah dan perut para penikmatnya. Salah satunya, ragam makanan yang disajikan oleh Dapoer Syifa by Syifa Mila (@dapoersyifamilaa).

Syifa yang juga seorang Make-up Artis (MuA) Pontianak ini menyajikan lima makanan pedas yang diolah langsung dari tangannya, yakni mie judes, nasi goreng judes, tahu judes, ayam bakar judes dan pangsit goreng endulita.

Sajian mie judes terdiri dari mie, bumbu, cabai, ayam goreng cincang, pangsit kriuk, jeruk, kecap dan bawang goreng. Nasi goreng judes terdiri nasi goreng, bala-bala, ayam suwir, bawang goreng dan timun. Tahu judes dibuat dari baluran tepung bumbu judes dengan isi sayuran dan daging cincang. Ayam bakar judes terdiri dari ayam bakar bumbu judes, timun, kol dan sambal. Nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

“Terakhir, pangsit goreng endulita terdiri dari pangsit rebus, sayuran, bakso, sosis, telur, bawang goreng, cabe, kecap dan jeruk,” ujar Syifa.

Syifa mengatakan setiap menu memiliki otentik kepedasaannya masing-masing, mulai dari yang pedas asin, pedas gurih, pedas manis dan pedas dari cabai. Akan tetapi, setiap menu yang disajikan kepada pelanggan identik dengan cita rasa pedas yang menggoda.

Syifa juga menyediakan tingkatan rasa pedas di setiap sajiannya. Mulai dari level manjalita, julita, jahara dan judes. Dengan begitu, masyarakat yang kurang menyukai rasa pedas bisa mencicipi ragam sajian Dapoer Syifa.

“Untuk manjalita (tanpa cabai), julita (1/2 sendok cabai), jahara (1 sendok cabai) dan judes (1 1/2 sendok cabai),” pungkasnya.**

 

error: Content is protected !!