Sajikan Ragam Kuliner Mancanegara

Tuna Puff
Ayu Azhari // Owner Jajanyuk Pontianak

SAJIAN olahan masakan mancanegara kerap menarik minat pencinta kuliner. Ayu Azhari, owner Jajanyuk Pontianak menyajikan ragam olahan kuliner mancanegara yang menggoda, tapi tetap menyesuaikan lidah masyarakat Pontianak.

 

 

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Mentai Rice Lezat Ukuran Cake

Mentai Cake

Siapa yang tidak tahu mentai rice? Hidangan sederhana yang terbuat dari campuran nasi nori topping dan saus mayonaise yang dibuat berlapis (layer) dengan isian yang beragam memang amat menggoda lidah pencinta kuliner Jepang.

Namun, porsi mentai rice yang dirasa kecil membuat pencintanya merasa kurang puas saat menikmatinya. Untuk itulah, Ayu Azhari, owner Jajanyuk Pontianak membuat mentai rice dengan ukuran layaknya cake.

“Isiannya pun beragam, mulai dari dari daging ayam, tuna, salmon dan beef belly,” kata Ayu.

Pastinya mentai cake olahan Jajanyuk Pontianak ini tidak hanya berhasil menggoyang lidah, tetapi juga menggoyang perut pencinta mentai rice. Pencinta mentai rice pasti akan merasa puas menikmati mentai rice dalam ukuran besar.

Dimsum Lembut Berbalur Saus Mentai

Dinsum Mentai

Saus mentai sudah tidak asing lagi di telinga. Saus mentai yang berasal dari negeri Sakura, Jepang ini diolah dari campuran telur ikan yang sudah diasinkan dengan mayonaise.

Owner Jajanyuk Pontianak, Ayu Azhari memadukan saus mentai sebagai lapisan dimsum mentai. Seperti yang diketahui dimsum merupakan makan khas Tiongkok bertekstur lembut.

Dimsum mentai ini dibuat secara homemade menggunakan fillet daging paha ayam dan udang. Di atasnya ditutup dengan saus mentai racikan yang di-torch agar ada aroma smoky. Tidak lupa diberi toping bubuk nori.

“Jajanyuk juga memodifikasi sedikit resep dimsum agar sesuai di lidah masyarakat Pontianak,” kata Ayu.

Soal rasa jangan ditanya. Tekstur dimsum yang lembut serta saus mentai yang lumer berhasil menggoyang lidah penikmatnya. Membuat siapapun ingin lagi dan lagi.

Tuna Puff dan Salmon Wellington Gurih ala Perancis

Tuna Puff

Puff pastry merupakan roti khas Prancis berlapis dan ringan. Dengan karakter rasa adonan yang plain menjadikan puff pastry cocok untuk diisi berbagai macam isian. Seperti halnya, Tuna Puff dan Salmon Wellington ala Jajanyuk Pontianak.

Tuna Puff merupakan olahan puff pastry renyah, dimana di dalamnya diisi dengan fillet tuna yang dimasak pedas, dengan tambahan telur dan sayuran. Di bagian luar puff ditaburi wijen sangrai. Membuat puff semakin harum.

Salmon Wellington diolah dari puff pastry renyah berisi fillet salmon yang sudah dimarinasi sebelumnya. Kemudian dipadukan dengan bayam dan saus keju. Adanya keju membuat Salmon Wellington terasa creamy.

Salmon Wellington

Pencinta Salmon Wellington juga bisa menikmati olahan ini dalam ukuran besar berbentuk cake. Sama seperti Salmon Wellington, cake ini diolah dari puff pastry renyah berisi fillet salmon yang dipadukan dengan bayam dan saus keju creamy.

“Olahan Tuna Puff dan Salmon Wellington ala Jajanyuk Pontianak diolah dengan cara dipanggang,” ucap Ayu.

Istimewanya, kedua makanan ini diolah menyerupai resep aslinya dari Prancis. Hanya saja, Ayu memodifikasi sedikit bahan, agar Tuna Puff dan Salmon Wellington bisa dinikmati dan sesuai dengan lidah orang Pontianak.

Umm Ali, Dessert Manis khas Timur Tengah

Umm Ali

Selain hidangan savory (rasa gurih) yang menggoyang lidah, Jajanyuk Pontianak juga menyajikan dessert manis yang tidak kalah menggoda, yakni Umm Ali.

Umm Ali dalah makanan penutup yang sangat populer dan menjadi hidangan lezat dari Timur Tengah karena rasanya yang creamy dan manis, serta teksturnya yang lembut.

Umm Ali diolah dari croisant, pistachio, almond, kelapa kering dan kismis. Setelah itu, Umm Ali akan disiram susu hangat yang sudah diolah dengan campuran rempah khas Timur Tengah.

“Setelah itu, Umm Ali akan dipanggang. Nikmat disantap saat hangat,” tutup Ayu, Owner Jajanyuk Pontianak.

error: Content is protected !!