Saling Bantu Lewati Jalan Rusak

SINTANG – Kondisi jalan yang rusak parah masih dialami di Kabupaten Sintang. Pun termasuk di Kecamatan Kelam Permai. Ihwal ini dirasakan langsung oleh Serda Suryadi, salah seorang Babinsa Koramil Kelam Permai kepada rekan seperjalanannya Bhabinkamtibmas Polsek Kelam Permai Brigadir Ricky Hisar Saragih ketika hadiri kegiatan di Dusun Ujung Kulan, Desa Mandiri Jaya.

Diketahui, keduanya bertugas bersama menghadiri kegiatan bina wilayah penguatan kemitraan percepatan penurunan AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi) dan Stunting dari Dinas Kesehatan Sintang.

Kedua petugas tersebut, sebelumnya sempat saling dorong-mendorong kendaraan agar dapat sampai ke tempat acara. Jalan buruk akibat cuaca hujan beberapa pekan terakhir berakibat lumpur yang dalam dan genangan air di beberapa ruas jalan. Bahkan keduanya bersama-sama membantu menyeberangkan kendaraan warga yang kesulitan melewati bilah papan jembatan.

“Selama ini ya, kita sering tugas bersama, baik itu kalau ada giat di kecamatan atau ke kampung-kampung. Saya merasa senang saat bertugas bersama pak babinsa. Sebagai rekan seperjuangan dalam membina masyarakat, kami sering mengalami kendala seperti jalan rusak, ya kita atasi bersama,” ujar Brigadir Ricky sambil tersenyum.

Menurutnya, kehadiran satu sama lain saling menguatkan saat bertemu masyarakat. Pada saat mengalami perbedaan sebagai efek dari perbedaan budaya institusi, Brigadir Ricky menyebutkan dirinya belajar untuk berfokus pada penyamaan persepsi agar dapat tetap berjalan beriringan.

“Sebagai pembina masyarakat saya rasa pekerjaan kami saling mengisilah satu sama lain, tidak ada tumpang tindih masalah pekerjaan. Saat muncul perbedaan karna budaya institusi kita yang memang berbeda, ya tinggal kita jembatani dengan mencari persamaan persepsi sebagai sama-sama petugas yang mengayomi masyarakat khususnya di desa binaan,” ungkap Brigadir Ricky lagi.

Sementara, Kapolsek Kelam Permai, Iptu Eko Supriyatno menyampaikan apresiasi atas sinergi personil jajarannya dan anggota TNI yang juga bertugas di wilayah Kelam Permai.  “Dalam pelaksanaan tugas selama ini TNI dan Polri khususnya di wilayah Kelam Permai sangat baik, sangat solid dan saling dukung serta kompak,” kata Iptu Eko.

Dia berharap, ke depan sinergitas antar pihak perlu ditingkatkan dalam pelayanan ke masyarakat. “Kedepan kami berharap sinergitas yang sudah baik selama ini tetap ditingkatkan agar pelaksanaan tugas, layanan terhadap masyarakat semakin baik,” tutupnya. (fds)

error: Content is protected !!