Sambas Miliki SMK Labschool UAD

TARIAN: Para tamu disambut dengan tarian Lancang kuning saat peletakan batu pertama.

Dibangun Atas Amal Usaha Muhammadiyah melalui BPLS UAD Sambas

SAMBAS –Badan Pengelola Labschool UAD Sambas yang merupakan amal usaha Muhammadiyah akan mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK di Desa Sumber Harapan Kecamatan Sambas, yakni bernama SMK Labschool UAD Sambas. Peletakan batu pertama pembangunan dihadiri langsung Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, kemudian dihadiri Kasi SMK Disdikbud Kalbar, Kapolsek Sambas. Kemudian dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketua BPLS UAD Sambas, Muhammadiyah Sambas, Kades, RT, Kepala sekolah Muhammadiyah.

Lokasi SMK Labschool UAD Sambas ini, tak jauh dari SMP MBS Sambas yang juga amal usaha Muhammadiyah yang sudah lebih dulu beroperasi, bahkan sudah memiliki murid dari Warga Negara Malaysia. Yuli Ariati SP MP, Ketua Panitia mengatakan pembangunan SMK Labschool UAD Sambas ini diaksanakan secara swakelola oleh panitia pelaksana pembangunan tim perencana dan pengawas yang tertuang dalam SK Ketua Tim Pendidi USB Labschool. “Insyaalah, kami akan berkomitmen melaksanakan pembangunan dengan baik, sesuai perencanaan, dan tenaga kerja yang digunakan adalah dari warga sekitar,” kata Yuli.

Sesuai dengan tujuan dari pembangunan SMK ini, adalah upaya meningkatkan akses, ketersediaan, keterjangkauan dan perataan kesemaptan pembelajaran di SMK. SMK Labschool UAD Sambas merupakan satu diantara lima penerima bantuan program USB dari Direktorat Pembinaan SMK Tahun 2019. Pembangunan akan ditargetkan selesai pada Desember 2019, dimana di pembangunan ini adalah ruang keals baru lima ruang, ruang praktik siswa dua ruang, jambas 1 unit, ruang kantor 1 unit, ruang guru 1 unit dan perpustakaan 1 ruang.

Diawali dengan membuat analisis lingkungan strategis, keunggulan dibangunnya SM ini diantaranya memiliki lahan yang luas, terdapat 8 SMP negeri dan 1 MTs swasta di sekitar lokasi, memiliki jurusan yang belum ada di Kalbar dan memiliki MoU dengan instansi pemerintah dan swasta sebanyak 11 buah. SMK Labschool Sambas dnegan izin operasional nomor 2168 Tahun 2018 di bawah naungan BPLS UAD Sambas yang diketuai Kasiyarno M Hum yang juga Rektor UAD Jogja. yang memiliki visi di 2030 menjadi lembaga pendidikan yang unggul, inovatif, berwawasan global dijiwai nilai Islam.

Ketua BPLS UAD Sambas, Kasiyarno M Hum menyatakan pembangunan sekolah ini, memberikan akses pendidikan khususnya kepada masyarakat Sambas. Bukan saja ilmu dunia, namun di SMK Labschool juga mengedepankan ilmu agama. Ketua Disdakmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Baidowi mengharapkan kegiatan peletakan batu pertama ini, diharapkan menjadi pertama dan akhir, namun harus sampai dengan selesai sesuai rencana.

Kasi SMK Disdikbud Provinsi Kalbar, Khairul Ahyar mengapresiasi atas pembangunan sekolah ini, pihaknya berharap sekolah Labschool ini semakin banyak didirikan di kabupaten dan kota di Kalbar. Bupati Sambas, H ATbah Romin Suhaili Lc MH mengapresiasi dan memuji pendirian sekolah. Bahkan dalam kesempatan tersebut, pemkab Sambas akan membantu untuk pemenuhan listrik, termasuk membantu pengerasan jalan ke sekolah itu.(fah)

Read Previous

Puluhan Kendaraan Terjaring Operasi Patuh Kapuas 2019

Read Next

Cinthia Kusuma Rani, Miss Earth Indonesia 2019

Tinggalkan Balasan

Most Popular