Sambut Implementasi Aplikasi SAKTI 2020

kppn sanggau

BIMTEK: Bimbingan Teknis Aplikasi kepada seluruh stakeholders di wilayah pembayaran KPPN Sanggau, menyambut implementasi aplikasi SAKTI 2020. IST

KPPN Sanggau Selenggarakan Bimtek Aplikasi 

DALAM rangka menyambut implementasi aplikasi SAKTI (Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi) yang akan diterapkan tahun 2020, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sanggau berinisiatif mengadakan Bimbingan Teknis kepada seluruh stakeholders di wilayah pembayaran KPPN Sanggau.
Pelaksanaan bimbingan teknis dilaksanakan di aula KPPN Sanggau, Rabu (28/8) lalu yang dibuka Kepala KPPN Sanggau Bulus Lumban Gaol. Dalam arahannya, dia menyampaikan bahwa dengan aplikasi SAKTI akan mempermudah satker dalam proses pengelolaan APBN serta mempercepat satker dalam proses pencairan dana APBN.

Selain itu, Bulus Lumban Gaol juga menyampaikan progress Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kementerian/Lembaga satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Sanggau, untuk mengupayakan nilai IKPA sebesar 97% pada tahun 2019 yang merupakan salah satu IKU KPPN.

Bimtek berlangsung mulai pukul 08.30 WIB diikuti oleh bendahara dan operator pengguna aplikasi laporan keuangan. Implementasi aplikasi SAKTI akan diterapkan Tahun 2020. Aplikasi ini berbasis web yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pengelolaan APBN. Dengan sistem online ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja penggunaan APBN di satuan kerja serta simplifikasi penggunaan aplikasi menjadi satu kesatuan mulai dari penyusunan anggaran, penatausahaan serta pertanggungjawaban APBN.

Bimtek dilanjutkan dengan  troubleshooting  pelaksanaan rekonsiliasi realisasi APBN dan penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara. Pelaksanaan rekonsiliasi dan penyusunan LPJ Bendahara merupakan salah satu kegiatan penting dalam proses penyusunan laporan keuangan satuan kerja guna menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel yang pada akhirnya akan berdampak pada opini BPK.
Di akhir sesi dilanjutkan dengan evaluasi capaian IKPA dari 69 Satuan Kerja di wilayah pembayaran KPPN Sanggau masih perlu diupayakan langkah-langkah peningkatan IKPA agar target sebesar 97% dapat tercapai di tahun 2019.

Dengan adanya kegiatan ini satuan kerja selaku pengguna APBN dapat mengelola anggarannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dan dapat mempertanggungjawabkan penggunaan APBN dalam bentuk laporan keuangan yang andal, akuntabel dan transparan. (r/*)

Read Previous

Problematika Anggaran dalam Pilkada 2020

Read Next

Ambisi Rebut Gelar Pertama

Most Popular