Santunan Kematian Sebesar Rp 42 Juta

Pemerintah Kabupaten Mempawah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan program jaminan sosial untuk tenaga honorer. Sosialisasi dilaksanakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Perindagnaker) di kantornya, Senin (3/8) pagi. “Disperindagnaker sebagai pelopor program jaminan sosial tenaga honorer di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Mempawah,” kata Kepala Bidang Tenaga Kerja, Ya’ Helmizar.

Ya’ Helmizar menjelaskan, realisasi program jaminan sosial dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. “Jika sewaktu-waktu tenaga honorer mengalami kecelakaan kerja hingga mengakibatkan meninggal dunia, maka program jaminan sosial ini dapat membantu tenaga honorer yang sedang tertimpa musibah,” tutur Ya’ Helmizar.

Khusus di Dinas Perindagnaker, Ya’ Helmizar mengungkapkan ada 11 tenaga honorer yang akan didaftarkan dalam program BPJS Ketenagakaan kerjaan itu. Ada dua program yang akan diikutsertakan yakni jaminan kecelakaan dan kematian.

“Peserta jaminan sosial ketenagakerjaan cukup membayar Rp 10.800 per bulan untuk 2 program jaminan kecelakaan dan kematian,” sebutnya. Lebih jauh, Ya’ Helmizar menyebut, manfaat peserta program jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut berupa santunan untuk biaya pengobatan. Misalnya, tenaga honorer mengalami kecelakaan kerja, maka akan mendapatkan tanggungan melalu iprogram itu.

“Akan ditanggung biaya pengobatannya sesuai identifikasi medis yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja atau meninggal dunia,” paparnya. Bahkan, sambung Ya’ Helmizar, bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia akan mendapatkan santunan sebesar Rp 42 juta. Dan jika kepesertaan sudah membayar selama 3 tahun maka ahli waris akan mendapatkan tambahan beasiswa sampai kuliah.

“Rinciannya, santunan kematuan Rp 20 juta, santunan berkala Rp 12 juta dan biaya pemakaman Rp 10 juta,” bebernya. Karena itu, Ya’ Helmizar menyebut, kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangat memberikan manfaat besar bagi tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. “Kedepan, seluruh tenaga honorer di kabupaten dan kota akan mengikuti program jaminan sosial ini,” tukasnya.(wah)

loading...