Satgas Gencar Lakukan Pencegahan Penyebaran Covid-19

SWAB: Satua tugas Covid-19 saat melakukan swab antigen kepada penumpang yang baru saja tiba di Pelabuhan Teluk Batang.  ISTIMEWA

Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut. Segala upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dalam mencegah penyebaran virus membahayakan tersebut. Mulai dari kampanye protokol kesehatan hingga melakukan swab antigen terhadap penumpang yang baru saja tiba.

DANANG PRASETYO, Sukadana

HAMPIR setiap hari kabar berita tentang Covid-19 tersiar. Baik di media cetak, televisi, online, maupun radio terus mengambarkan perkembangan dalam penaggulangannya.

Seperti yang ada di Kayong Utara, tidak jarang para petugas melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan cara melakukan swab antigen secara acak.

Hal ini dinilai efektif lantaran dapat mengetahui kondisi tubuh pada yang bersangkutan. Jika positif maka dilanjutkan dengan PCR hingga melakukan perawatan di rumah sakit.

Salah satu warga, Andi Agasi, menilai upaya dan langkah yang telah dilakukan pemerintah cukup maksimal. Tinggal bagaimana selanjutnya dalam penerapan sehari-hari.

“Sudah baik, tinggal bagimana selanjutnya kita dalam menjalankannya. Semoga kita semua baik-baik saja. Untuk yang sakit dapat segera sembuh,” terang dia di Sukadana, Rabu (28/7).

Sementara itu, sebelumnya, Satgas Covid-19 di Pelabuhan Teluk Batang, kembali disiagakan, untuk mengecek kondisi penumpang baru saja tiba dari Kubu Raya, atau pun Kota Pontianak. Camat Teluk Batang Hambali mengatakan, Satgas Covid-19 ini disiagakan sejak kemarin, tentunya dengan sejumlah petugas gabungan. Baik TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga pihak Kecamatan Teluk Batang.

“Penjagaan sudah dilakukan selama enam hari, kemudian kita lakukan secara acak swab antigen, pengambilan suhu dan pengambilan data,” terangnya, Minggu (25/7).

Dijelaskan dia, dalam melakukan swab antigen dilakukan secara acak. Dalam sehari sebanyak 10 penumpang. Sedangkan untuk kondisi penumoang saat ini sudah mulai normal.

“Dilakukan swab antigen sejak kemarin belum ada ditemukan yang positif. Unuk saat ini kondisi penumpang normal seperti biasa,” katanya. (*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!