Satu Dekade CI Untan, Dekatkan Hubungan Kalbar-Tiongkok

SAMBUTAN: Rektor Untan Prof Dr Garuda Wiko menyampaikan sejumlah capaian Conficius Institute Universitas Tanjungpura selama satu dekade terakhir. (Aristono/Pontianak Post)

PONTIANAK – Conficius Institute Universitas Tanjungpura (CI Untan) atau Pusat Bahasa Mandarin Untan merayakan ulang tahun yang ke-10. Seremoni perayaan digelar secara meriah di Ballroom Qubu Resort, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, Rabu (24/11) malam. Hari pada acara ini perwakilan Gubernur Kalbar, Wali Kota Pontianak Edi Kamtono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Rektor Untan Garuda Wiko, Perwakilan Pemerintah Tiongkok Zhao Gui, dan Rektor Guangxi University for Nationalities Xie Shangguo serta para tokok masyarakat.

Rektor Untan Garuda Wiko dalam sambutannya mengatakan, kehadiran CI Untan selama satu dekade terakhir telah membawa banyak manfaat bagi masyarakat umum, anak usia dini, para pelajar, hingga mahasiswa. CI telah menjadi pusat informasi dan edukasi bagi mereka yang tertarik belajar bahasa Mandirin bagi ribuan orang di Kalimantan Barat. Banyak pula informasi beassiswa, pertukaran pelajar, serta program dan event yang rutin digelar. CI Untan juga jembatan persahabatan dan kerjasama yang lebih luas antara pemerintah RRT dengan Untan.

Rektor Guangxi University for Nationalities Xie Shangguo menyebut selama 10 tahun terakhir, CI Untan telah menorehkan berbagai prestasi. Selain di masa pandemi ini, dia melihat CI Untan tetep konsisten menyelenggarakan pendidikan dan pelayanan kepada masyarakatm baik secara online maupun offline.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan kepada program kerjasama ini,” sebutnya.

Direktur Perwakilan Tiongkok Zhao Gui Zhao Lingshan menegaskan, kendati pandemi telah menghantam Tiongkok dan Indonesia dua tahun ni, pihaknya tetap berusaha untuk tetap menjalankan program CI ini, kendati harus dijalankan secara online.

Zhao Lingshan menyatakan bahwa China International Chinese Education Foundation, sebagai lembaga pendidikan non-pemerintah nirlaba, akan bekerja dengan semua lapisan masyarakat di Tiongkok dan Indonesia untuk lebih mendukung pengembangan Institut Konfusius dan pendidikan Tiongkok internasional.

Mewakili Gubernur Sutarmidji, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Harry Agung memuji IC Untan yang selama sepuluh tahun terakhir telah membantu masyarakat Kalbar untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Mandarin dan memperdalam kebudayaan Tiongkok, serta menjadi jembatan bagi mereka yang hendak menempuh studi di negeri Tiongkok.

Acara sendiri berlangsung meriah, dengan dibuka dengan tarian Tidayu (Tionghoa, Dayak, dan Melayu) dan pertunjukan seni lainnya. Acara puncaknya adalah pemotongan kue ulang tahun raksasa. Ada pula pembagian doorprize untuk para tamu undangan. (ars)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!