Satu Dekade Komdas Pontianak

PONTIANAK-Komunitas Darah Segar (Komdas) Pontianak telah satu dekade menjalankan misinya membantu masyarakat yang membutuhkan donor darah. Bertemakan setetes darah anda, nyawa bagi sesama mengajak masyarakat untuk saling membantu dalam memenuhi kebutuhan darah.
Sapariah, Ketua Komdas Pontianak mengatakan selama sepuluh tahun dijalani tidak mudah. Tidak cukup sekadar dibentuk, tetapi ada tantangan dalam mengajak banyak orang untuk menjadi Sukarelawan.
Kini peran Komdas sangat berarti bagi banyak orang. Sekitar 833 orang anggota yang terdata di data base Komdas yang siap membantu masyarakat yang membutuhkan darah yang masuk setiap hari. “Permintaan darah yang masuk di sistem berkisar 145 -150, dan permintaan sebulannya 50 orang yang melapor,” ucap dia.


Sapariah mengatakan, berdirinya komunitas ini atas inisiatif beberapa pemuda yang melihat betapa susahnya orang mendapatkan darah untuk tranfusi. Lebih lanjut dia menjelaskan hal ini di karenakan stok darah di PMI Kota Pontianak sering kosong, sedangkan kesadaran masyarakat akan donor darah masih kurang.
Baru beberapa bulan berjalan Komunitas Darah Segar Pontianak atau Komdas Pontianak kembali vakum karena anggota baru beberapa orang dan facebook belum seramai sekarang. “Pertengahan tahun 2010 Komunitas Darah Segar Pontianak aktif kembali dengan personil dan anggota-anggota baru, dan diaturlah beberapa misi dan agenda,” ungkap dia.
Adapun misi kemanusiaan tersebut adalah merekrut orang-orang yang mau donor tapi tidak mau menjadi pendonor tetap. Seiringnya waktu, mereka di arahkan untuk menjadi pendonor tetap. Misi lainnya menghindarkan keluarga pasien dua kali kena musibah. “Sakit adalah musibah. Menghindarkan pasien dari calo darah, itu juga musibah. Karena waktu itu banyak calo yang menjual darah nya sendiri walaupun belum masanya untuk donor. Kemudian memotivasi orang-orang yang belum pernah donor untuk berdonor,” jelas dia.
Pihaknya juga mengenalkan keberadaan Komdas Pontianak dengan membuat beberapa agenda. Diantaranya ikut partisipasi setiap ada even pameran, membagi-bagikan brosur Komdas Pontianak di simpang-simpang lampu merah. Mengadakan stan tensi gratis dan cek darah gratis setiap minggu pagi di GOR Pangsuma. Membuat Komunitas Darah Segar di setiap Daerah di Kalbar. “Saat ini sudah ada Komunitas Darah Segar Mempawah, Singkawang, Sambas, Sanggau, Ketapang. Alhamdulillah sekarang sudah ada Komdas Tarakan,” ungkap dia yang menjelaskan masih ada beberapa agenda lain yang dilakukan.
Minggu (27/10), Komunitas ini menggelar syukuran di halaman PMI Pontianak. Kegiatan ini dirangkai dengan pemberian piagam kepada relawan cepat respon. “Kami juga memberikan penghargaan kepada relawan yang baru meninggal atas dedikasinya dalam mendonorkan darah. Serta penyematan pin untuk pembina Komdas dan Penasihat Komdas,” Pungkasnya. (mrd)

Read Previous

Menko Polhukam lepas 25.000 peserta JSN KAHMI di Pontianak

Read Next

Mblooo, ini Ongkos Nikah di Pontianak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *