Satu Pasien Dinyatakan Sembuh

KETERANGAN PERS: Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kayong Utara Bambang Suberkah pada keterangan persnya mengenai perkembangan kasus Covid 19 di Kayong Utara. DANANG PRASETYO / PONTIANAK POST.

SATU pasien konfirmasi virus korona (Covid 19) di Kabupaten Kayong Utara dinyatakan sembuh setelah dilakukan penanganan melalui dua kali tes swab. Dari data ini, dua kasus positif dan 11 pemeriksaan swab test yang telah dilakukan masih menunggu hasil.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Kayong Utara Bambang Suberkah menjelaskan, pada 10 Juni pihaknya telah menerima hasil uji swab test Covid 19 terhadap salah satu pasien positif yakni RN.

“Tanggal 10 kemarin kita mendapatkan hasil tes uji swab dari salah satu kasus yang diduga kuat positif Covid-19 di Kayong Utara. Alhamdulillah hasilnya negatif setelah dilakukan sebanyak dua kali tes berturut-turut,”terang Bambang, yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, dalam jumpa pers di posko gugus tugas percepatan penanganan, Jumat (12/6).

Bambang melanjutkan, dari hasil tersebut satu kasus ini sudah pasien bisa dinyatakan sembuh. “Kita nyatakan bahawa pasien ini telah sembuh,”jelasnya.

Bambang menjelaskan,  ini merupakan kasus ke dua di Kabupaen Kayong Utara.  RN merupakan istri dari HN yang merupakan pasien kasus pertama yang terdeteksi. “RN dan HN ini suami istri. Pertama yang kena HN dan kedua RN. Namun RN telah dinyatakan sembuh,”tuturnya.

Bambang menambahkan, kasus tersebut merupakan diduga kuat kontak erat yang terjadi pertama pada 26 Maret 2020. Kemudian 2 April, RN di rapid test, namun hasilnya negatif.  “Pada tanggal 16 dari swab suaminya positif. Sehingga hasilnya dilakukan rapit test ulang dan hasilnya non reaktif.  Namun begitu pada 22 dan 24 April dilakukan rapid test ulang. Baru pada tanggal 6 hasilnya keluar, dan  ternyata menunjukan hasil satu positif dan satunha negatif,”lanjut dia.

Selanjutnya pada 7 dan 9 Mei petugas melakukan swab test Covid 19 terhadap seluruh keluarga RN. Hasilnya keluar, ternyata suaminya positif negatif, dan kedua anaknya negatif.  “Namun entah bagaimana hasil swab test RN ini tidak keluar pada saat itu,” lanjutnya.

Selanjutya, kata Bambang, pada 5 dan 6 Juni kembali dilakukan swab ulang terhadap HN dan RN. Hasilnya HN masih positif dan negetif. Sedangkan RN sudah negatif.  Sehingga lanjutnya  bisa dikatakan RN sebagai kasus sembuh. Ini merupakan pertama di Kayong Utara.  “Kita juga masih menunggu hasil swab testnya sebanyak 11 orang dengan satu kasus positif.”

Terkait hal ini pun Ia mengimbau, seluruh masyarakat Kabupaten Kayong Utara agar dapat melakukan gaya hidup baru. Yakni  3 M. Pertama memakai masker, kedua, menjaga jarak, ke tiga mencuci tangan.  “Selain itu masih ada lagi bisa juga berjemur pada pagi hari. Menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup, dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT,”imbuhnya.

Sementara itu, mengenai kasus warga berinisial M, di Kecamatan Seponti, saat ini sudah dilakukan karantina atas pilihannya sendiri, dan diperbolehkan untuk mengisolasi sendiri. Karena untuk M kata dia,  tidak bergejala. Hanya kasus swabnya saja yang positif. “Saat ini diisolasi di rumah dia sendiri, dan lokasinya tidak jauh dari Puskesmas. Kami sebenarnya sudah menyediakan juga di pusksesmas. Tetapi dia memilih di rumahnya sendiri. Tidak masalah, asalkan dia dapat menjalankan protokol kesehatan dan isolasi mandiri,”bebernya.

Untuk anak dan istri (dalam masa isolasi mandiri) M, untuk sementara tinggal di rumah keluarganya. Jadi M berada di rumah sendiri dalam masa isolasi mandiri. “Karena rumahnya untuk isolasi mandiri, anak dan istrinya bergeser ke rumah keluarganya yang lain. Dia sendiri dirumahnya, semua keluarganya sudah dilakukan swab, tidak pake rapid, kita sedang menunggu hasilnya,”tutupnya.

Sementara, berdasarkan data yang diterima Pontianak Post Minggu (15/6) untuk data sebaran Covid 19 di Kayog Utara, Orang Dalam Pemantauan (ODP)  2 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 13 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 0 kasus, dan pasien positif Covid 19 2 orang. (dan)

 

loading...