SDN 09 Segedong Juara LSS dan Adiwiyata 2019

RAIH PRESTASI: Foto bersama kepala dan dewan guru SDN 09 bersama Kepala Desa Segedong. ISTIMEWA

Wakili Kabupaten Mempawah Ditingkat Provinsi Kalbar

MEMPAWAH– Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Segedong menorehkan prestasi membanggakan. Sekolah yang berlokasi di Desa Sungai Purun Besar itu berhasil meraih juara I Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Mempawah tahun 2019 dan mendapatkan penghargaan Adiwiyata 2019 dari Gubernur Kalbar.

Kepala SDN 09 Segedong, Tajudin, SPd mengaku bersyukur atas prestasi di tingkat Kabupaten Mempawah dan Provinsi Kalbar itu. Dia mengatakan, pencapaian merupakan buah kerjasama dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan lomba.

“Alhamdulillah, pada tahun 2019 ini kami berhasil menjadi juara I LSS tingkat Kabupaten Mempawah dan mendapatkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata dengan nilai 64 poin hasil penilaian tim juri Provinsi Kalbar,” terang Tajudin kepada Pontianak Post, Senin (26/8) pagi.

Menurut Tajudin, pencapaian prestasi tersebut tidak gampang. Pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk mendapatkan penilaian terbaik. Salah satu persiapannya yakni melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah, koordinasi bersama Kepala Desa, PKK desa hingga Camat dan Muspika Segedong.

“Dengan koordinasi ini maka terjalin kerjasama yang baik hingga kita bisa mewujudkan prilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa, para pendidik dan masyarakat dilingkungan SDN 09 Segedong,” ucapnya.

Dari hasil koordinasi tersebut, Tajudin mengungkapkan, pihaknya membentuk tim sukses yang bekerja mempersiapkan segala kebutuhan SDN 09 Segedong dalam mengikuti LSS dan Adiwiyata 2019. Seluruh pihak mulai dari dewan guru, Pemerintah Desa, PKK hingga elemen masyarakat berpartisipasi aktif.

“Misalnya para guru memberikan pembinaan di kelas masing-masing. Guru juga berupaya memasukan ke dalam program pembelajaran tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Sehingga semua program tercover dalam kegiatan pembelajaran sesuai intruksi dan arahan Ibu Bupati Mempawah,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Kepsek, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari Puskesmas Segedong yang melaksanakan program penyuluhan, sosialisasi dan bimbingan kepada siswa SDN 09 Segedong untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Sedangkan dari ibu-ibu PKK setiap jumat melakukan kegiatan bersih-bersih kelas dan selokan serta kantin dan UKS SDN 09 Segedong. Termasuk pula dukungan Dinas Lingkungan Hidup yang memberikan bimbingan dan arahan agar SDN 09 dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Sungai Purun Besar, Basuni mengaku bangga dengan prestasi yang dicapai SDN 09 baik ditingkat kabupaten dan provinsi. Menurut dia, prestasi itu membuktikan SDN 09 merupakan salah satu lingkungan pendidikan terbaik yang ada di Kabupaten Mempawah dan Provinsi Kalbar.

“Tentunya prestasi ini sangat membanggakan masyarakat Desa Sungai Purun Besar. Karena itu, pemerintah desa berkomitmen untuk mendukung penuh aktivitas belajar mengajar di SDN 09 agar semakin bermutu dan berkualitas,” janjinya.

Kedepan, dirinya berharap SDN 09 terus memacu dan berupaya meningkatkan mutu pendidikannya. Terutama mengaktualisasikan program strategis pendidikan untuk mencetak SDM berkualitas yang nanti akan melanjtukan estafet pembangunan daerah.

“Bidang pendidikan memang menjadi salah satu visi misi Pemerintah Desa Sungai Purun Besar. Dengan mengolah dana desa secara transparan, kami berupaya meningkatkan pendidikan, keagamaan dan infrastruktur serta olahraga maupun kesenian yang ada masyarakat,” tukasnya. (wah)

Read Previous

Segarnya Gelato di Vido House, Hadirkan Mesin dan Bahan Terbaik dari Italia

Read Next

Alami Siksaan Mental dan Fisik

Tinggalkan Balasan

Most Popular