Sehari Bisa Periksa Belasan Binatang Peliharaan 

PENGECEKAN: Dokter Hewan tengah melakukan pengecekan kesehatan pada kucing yang sakit. ISTIMEWA

Pusat Kesehatan Hewan Parit Pangeran Bagi Pecinta Binatang

Pusat Kesehatan Hewan milik Pemerintah Kota Pontianak berada di Jalan Parit Pangeran, Kecamatan Pontianak Utara. Pelayanan pemeriksaan hewan tak dipungut bayaran. Bagi pecinta binatang, PKH bisa menjadi alternatif tempat pemeriksaan kesehatan binatang

MIRZA AHMAD MUIN, Pontianak

WAJAH bocah kecil berumur kurang lebih lima tahun itu tampak sedih. Ia murung, tengah duduk di ruang tunggu Pusat Kesehatan Hewan, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, yang terletak di Jalan Parit Pangeran, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, kemarin.

Kedatangannya untuk membawa kucing kampung peranakan Persia yang sudah sakit empat hari lalu. Sang ibu menjelaskan bahwa kucing kesayangan sang anak sakit. Gejalanya tak mau makan, badan lemas dan berat badan seketika susut.

“Ket’tes (nama kucing) sakit. Tak tahu sakit apa. Pastinya tak mau makan, badannya makin susut. Khawatir sakitnya makin parah, makanya saya bawa kucing ini ke sini,” jelas Rahmi usai kucingnya diperiksa oleh dokter.

Dari penjelasan dokter hewan lanjutnya, kucing ini terkena infeksi dibagian telinga kanan. Selain itu, ditemukan beberapa kutu di badannya.

Setelah diperiksa oleh dokter hewan. Kucing inipun diberikan suntik antibiotik. Tujuannya agar tubuh si kucing dapat kebal terhadap penyakit. Dokter juga memberikan resep untuk ditebus di apotek. “Tak ada pungutan biaya untuk pemeriksaan hewan di sini,” ujarnya.

Iapun baru tahu, terdapat Pusat Kesehatan Hewan milik Pemkot Pontianak. Informasi ini didapat dari salah seorang teman yang juga miliki hewan peliharaan kucing.

Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, yang menaungi Pusat Kesehatan Hewan di Jalan Parit Pangeran, Bintoro menuturkan, pelayanan disini sudah berlangsung sejak setahun lalu.

Bukanya di hari kerja mulai dari jam tujuh hingga pukul empat sore. Sejak dibukanya pelayanan ini, cukup banyak masyarakat datang untuk memeriksakan hewannya. Jika dihitung perhari, reratanya ada belasan hewan diperiksa.

Jenis hewannya bermacam. Mulai dari kucing, anjing, kelinci sampai musang. Pengecekan kesehatan binatang dilakukan guna menghindari penyakit pada binatang.

Pihaknya juga melakukan vaksin rabies pada hewan. Itu tidak dipungut bayaran alias gratis. Kebedaraan pusat pemeliharaan hewan dipandang Bintoro sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Utamanya bagi masyarakat pemelihara binatang.(*)

loading...