Sejumlah Desa di Menyuke Terendam Banjir

NGABANG – Sejumlah desa di Kecamatan Menyuke terendam banjir akibatnya meluapnya sungai Menyuke, sejak Kamis (21/5) lalu. Jalan menuju Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu pun sempat terputus hingga, Jumat (22/5).

“Betul hari ini banjir di Desa Songga. Membuat jalur terputus akibat luapan air dari arah Darit menuju simpang tiga Kecamatan Banyuke Hulu,” kata Camat Menyuke, Apentinus saat dihubungi Pontianak Post, Kamis (21/5) malam.

Sedikitnya 89 Kepala Keluarga terdampak banjir di Desa Songga. Banjir ini, kata dia mulai naik pada Kamis (21/5) pagi sekitar pukl 06.00 WIB.

“Kondisi terkini di Songga airnya bertahan. Kalau di Darit air mulai naik ada daerah tertentu yang rumahnya mulai tergenang air,” katanya.

Menurut laporan yang diterima pihaknya, sejumlah desa yang terdampak banjir yakni Desa Darit dan Desa Songga. Nantinya, banjir akan turun ke desa yang lebih rendah di Desa Mamek, Anik Dingir dan Sungai Lubang.

“Yang paling parah biasanya mengenangi wilayah dusun yang masuk dalam Desa Darit yaitu dusun Pamantas, Dusun Srilima, Dusun Setolo, Dusun Benteng, Dusun Teluk Batu dan Dusun Begantung,” jelasnya.

Ia mengatakan, walaupun naik dengan cepat ketika hujan, banjir tersebut dapat bertahan paling lama dua hari.

“Biasanya ngungsi belum ada karena mereka rumahnya tingkat dua. Kalaulah ada ngungsi di tempat keluarga atau tetangga,” tutupnya. (mif)

Read Previous

Tiadakan Salat Id di Mujahidin, Gubernur Kalbar Sutarmidji Meminta Maaf

Read Next

Wali Kota Pontianak Tanpa Open House, Silaturahmi Lewat Virtual