Sekadau Dapat Bantuan Rumah Swadaya 1.002 Unit

PENYERAHAN BANTUAN: Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, memberikan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPSP) dari Kementrian PUPR di Desa Gonis Tekam, Kamis (9/7). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

SEKADAU – Tahun ini Kabupaten Sekadau mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR sebanyak 1.002 unit rumah. BSPS tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Sekadau.

“Untuk tahun 2020 akan dilakukan peningkatkan kualitas bagi keluarga yang masuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah dan memiliki kemampuan swadaya sebanyak 1.002 unit yang tersebar di sejumlah kecamatan di Sekadau,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sekadau, Aloysius, dalam Sosialisasi dan Rembuk Warga Program BSPS di Desa Gonis Tekam, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (9/7).

Diungkapkan dia bahwa total keseluruhan BSPS melalui APBN Kementerian PUPR tahun 2020 berjumlah 799 unit, yang tersebar di Kecamatan Sekadau Hilir (387 unit), Sekadau Hulu (161 unit), Nanga Taman (98 unit), Nanga Mahap (126 unit), dan Belitang Hulu, 27 unit. Ditambah lagi kegiatan peningkatan kualitas melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) di kawasan kumuh perkotaan, yang disebutkan Wabup berjumlah 203 unit, tersebar di Desa Sungai Ayak II (100 unit), dan Mungguk, 103 unit.

Aloysius mengungkapkan bahwa secara bertahap Pemkab mengusulkan 8 ribuan unit rumah untuk mendapatkan BSPS. Selain itu, dia menambahkan bahwa Pemkab juga telah merehab rumah tidak layak huni sebanyak 955 unit. Bahkan, dikatakan dia bahwa beberapa desa menganggarkan bantuan bahan bangunan melalui ADD. “Kita berharap BSPS 2020 ini dirasakan manfaatnya oleh keluarga penerima bantuan, sehingga lebih sehat, aman, dan harmonis,” ucap sosok yang karib disapa Bang Aloy ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Sekadau, Hironimus berharap agar realisasi BSPS di Sekadau bisa mencapai 75 persen dari ajuan sebanyak 8 ribuan lebih unit rumah. Apalagi, kata Hironimus, Presiden mengharapkan agar di tahun 2024 realisasi BSPS bisa mencapai 75 persen dari target 5 juta unit. “Oleh karena itu, kita setiap tahun mengajukan terus-menerus dengan jumlah yang cukup besar. Tapi, nanti akhirnya yang menentukan itu pusat. Untuk Kalbar berapa, nanti dibagi lagi per kabupaten,” ungkapnya.

Hironimus bersyukur, tahun ini Kabupaten Sekadau bisa mendapatkan 1.002 unit rumah dari program BSPS. “Terima kasih kepada Pak Lasarus, anggota DPR RI yang telah memperjuangkannya, sehingga kita bisa mendapatkan 1.002 unit. Sebelumnya, kita hanya dapat 350 unit, 400 unit, paling tinggi 500 unit,” pungkasnya. (var)

error: Content is protected !!