Sekadau Tuan Rumah MTQ XXVIII Kalbar

SEKADAU—Tim Asistensi MTQ XXVIII Kalbar melakukan kunjungan ke Kabupaten Sekadau pada Kamis (10/10).  Kegiatan ini dalam rangka koordinasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran yang akan digelar pada 13-19 April 2020 mendatang. Sekadau telah ditetapkan sebagai tuan rumah kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali ini. Tim yang diketuai Kombes Pol Andi Musa ini juga meninjau tujuh lokasi yang akan dijadikan tempat lokasi acara.

Dalam pertemuan di Aula Kantor Bupati Sekadau, Andi Musa mengapresiasi kesiapan Kabupaten Sekadau sebagai tuan rumah. Lokasi yang sudah ditetapkan panitia cukup bagus dan strategis. “Tinggal kita lihat nanti bagaimana pembenahan selanjutnya. Semoga bisa dibuat semanarik mungkin,” jelas Andi Musa. Karena itu, sarannya, panitia MTQ selalu berkoordinasi dengan Tim Asistensi sebagai kepanjangan tangan LPTQ Kalbar.

Sebagai tuan rumah, Andi Musa berharap kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi Kabupaten Sekadau. Kawasan wisata, kuliner, oleh-oleh dan hal lainnya perlu disiapkan. Karena dalam kegiatan ini juga ada citytour yang bisa memperkenalkan kekhasan Kabupaten Sekadau. Apakah itu wisatanya, kuliner, seni dan budayanya.

Bupati Sekadau Rupinus SH, M.Si mengucapkan  terima atas kunjungan Tim Asistensi LPTQ Kalbar dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan MTQ XXVIII. Pemkab Sekadau telah menyiapkan lokasi yang dapat digunakan untuk kegiatan perlombaan. Lokasi ini terus dilakukan pembenahan. “Semoga awal tahun depan bisa selesai semua pembangunan,” katanya.

Rupinus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalbar atas peningkatan jalan menuju lokasi stadion yang bakal digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan MTQ. Saat ini masih dalami proses pengerjaan peningkatan dan pelabarannya. 

Bupati juga meminta kesiapan masyarakat, pelaku usaha dan dinas terkait menyambut kehadiran peserta dan pengunjung MTQ ke Kabupaten Sekadau. Ratusan peserta dan pendemping akan hadir. “Mulai sekarang sudah harus disiapkan,” tegasnya.

Sekda Sekadau Drs H Zakaria Umar M.Si selaku ketua harian MTQ XXVIII Kalbar  memaparkan kesiapan panitia. Ada tujuh lokasi perlombaan. Yakni GOR Mat Kali/SMK Amaliah, Masjid Al Muhajirin, Masjid Al Falah, Stadion Mungguk Rancah, Keraton Kusuma Negara, Penanjung Island, Masjid Al Mutmainnah dan Pondok Pesantren Al Rahmah Sekadau.

Dalam memudahkan koordinasi, panitia menyiapkan bapak angkat. Setiap kontingen memiliki dua bapak angkat yang merupakan SKPD lingkungan Pemkab Sekadau. Untuk konsumsi panitia menanggung untuk 60 orang. Penginapan yang disediakan berupa hotel, losmen dan home stay. “Pada intinya kami sudah siap melaksanakan kegiatan ini,” kata Zakaria.

Read Previous

Tujuh Ruko di Semitau Hangus Terbakar

Read Next

Mendorong MoU Literasi Siaran Sehat