Sekda Tutup Gelaran FSKPBM di Keraton Sekadau

TABUH GENDANG: Sekda Sekadau Zakaria memukul gendang sekaligus menjadi tanda ditutupnya kegiatan FSKPBM, Senin (2/3) malam. SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Jadi Bekal Sekadau untuk Ramaikan Event Melayu

SEKADAU – Melalui Festival Seni Kegiatan Penutupan Bulan Maulid (FSKPBM) Kecamatan Sekadau Hilir diharapkan dapat menjadi bekal Kabupaten Sekadau apabila ada ajang perlombaan yang berhubungan dengan kesenian adat budaya Melayu. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sekadau, Zakaria, saat menutup FSKBPM, Senin (2/3) malam di Istana Kusuma Negara Sekadau.

“Jadi apabila ada lomba di bidang serupa dengan level yang lebih tinggi, Sekadau ke depan sudah punya stok-stok yang siap dipertandingkan guna mengharumkan nama Kabupaten Sekadau,” harap Sekda.
Sekda menilai gelaran ini sangat baik, mulai dari awal persiapan sampai dengan penutupan. Menurutnya, hal tersebut tak lepas dari berbagai pihak yang bersinergi dan saling bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan festival seni tersebut.

“Begitu pula dengan masyarakat yang antusias dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan aman dan tertib,” ujarnya kepada awak media.

Festival tersebut, menurut dia, sengaja dilangsungkan secara sederhana, agar dapat tercipta suatu kegiatan yang komperhensif. Selain itu, diharapkan dia, melalui kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai tabungan sekaligus bekal apabila ada ajang perlombaan yang berhubungan dengan kesenian adat budaya Melayu.

“Jadi apabila ada lomba di bidang serupa dengan level yang lebih tinggi, Sekadau ke depan sudah punya stok-stok yang siap dipertandingkan guna mengharumkan nama Kabupaten Sekadau,” ujarnya saat menutup kegiatan yang menyuguhkan khas seni budaya Melayu tersebut, seperti seni tari hadrah, syair Melayu, hingga tari zepin.

Adapun beberapa tujuan digelarnya FSKPBM ini diungkapkan dia adalah untuk menyejahterakan masyarakat, serta membentuk mental dan spekulan masyarakat. Kemudian, tambah dia, untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Sekadau, serta meningkatkan budaya yang dimiliki Sekadau. “Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan hal-hal seperti ini,” tegasnya.

Dia berharap, ke depannya kegiatan-kegiatan yang kental akan nilai budaya seperti ini dapat terus dijaga dan dilaksanakan di tiap tahunnya. Selain itu, ia pun berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi langkah awal agar Sekadau bisa lebih meningkatkan lagi berbagai kegiatan festival yang sarat akan nilai budaya.

“Mudah-mudahan lewat kegiatan seperti ini berbagai hal yang kita targetkan, mulai dari peningkatan budaya hingga SDM yang kita miliki dapat terwujud. Jadi, apabila Sekadau dihadapkan dengan perlombaan-perlombaan di tingkat yang lebih tinggi kita sudah punya stok yang siap dipertandingkan,” paparnya.

Sementara untuk dukungan dari pemerintah sendiri, Zakaria menyebut, untuk kegiatan seperti ini sudah dialokasikan melalui APBD Kabupaten Sekadau. “Hanya saja besarannya masih terbatas. Namun yang jelas kita sangat dukung kegiatan seperti ini,” pungkasnya. (Sig)

loading...