Sekda Yosepha Hasnah Jabat Plh Bupati

Yosepha Hasnah

SEBELUM meninggal dunia, almarhum Yosef Sudiyanto menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang. Hal ini karena Jarot Winarno sedang cuti berhalangan sementara dengan alasan sakit. Mengingat cuti Jarot Winarno belum selesai, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji pun mengeluarkan keputusan pengangkatan Plh Bupati Sintang, Selasa (21/9).

Surat keputusan pengangkatan Plh Bupati Sintang bertanggal 20 September 2021 ini dikeluarkan sesuai dengan Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Terutama pada pasal 65 ayat 6 yang menyatakan bahwa, “apabila kepala daerah sedang menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara dan tidak ada wakil kepala daerah, sekretaris daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah,” tulis surat tersebut.

Juga memperhatikan Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga sedang izin cuti berhalangan sementara karena sakit dan berhalangan. Oleh karenanya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah pun diangkat menjadi Plh Bupati Sintang. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi kekosongan kepemimpinan dan menjamin kelancaran administrasi dan pemerintahan di Bumi Senentang.

“Sehubungan dengan hal tersebut di atas guna menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Sintang, agar Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang bertugas selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” tertulis dalam surat keputusan berkop Gubernur Kalimantan Barat itu.

Surat itu juga sudah ditembuskan kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Juga Ketua DPRD Kabupaten Sintang dan Bupati Sintang, serta Inspektur Provinsi Kalbar.

Sejak Senin (20/9) Yosepha Hasnah sudah mulai menjalankan tugasnya sebagai Plh Bupati Sintang dengan menjadi Inspektur Upacara Pemakaman Jenazah Wakil Bupati Sintang di Pemakaman Katolik Teluk Menyurai. Pada Selasa (21/9), ia juga menghadiri Rapat Paripurna Ke-5 Masa Persidangan II Tahun 2021 DPRD Kabupaten Sintang di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Sintang. Serta memberikan jawaban pemerintah atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD Kabupaten Sintang terhadap Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Sintang Tahun Anggaran 2021. (ris)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!